Kesehatan

Tips Sehat Mengatasi Diabetes

ACEHTERKINI.COM | Diabetes militus atau biasa dikenal dengan kencing manis, merupakan suatu penyakit kelainan pada sistem endokrin, yang mana terjadi gangguan pembentukan insulin.

Insulin berfungsi sebagai jembatan agar glukosa bisa masuk kedalam sel, karena insulin pada penderita diabetes berjumlah sedikit, maka mereka tidak bisa bekerja secara optimal yang mengakibatkan glukosa tidak bisa diserap oleh sel tubuh manusia.

Berikut ini beberapa tips mudah mengatasi diabetes, seperti dilansir laman Cheat Sheet, Minggu (26/2).

1. Menjaga kebugaran.
Tetap aktif adalah salah satu cara terbaik untuk tetap sehat secara umum, juga merupakan cara yang efektif untuk mencegah diabetes.

2. Praktek kontrol porsi.
Ketika berat badan naik, diet adalah hal paling penting dilakukan. Sayangnya, hal tersebut tidak sesederhana makan makanan sehat. Solusinya? Kontrol porsi.

Dalam satu penelitian terbaru, para pelaku diet dibagi menjadi tiga kelompok, yakni satu di mana peserta diizinkan untuk bebas memilih makanan, kedua peserta diberi makanan pra-porsi dan kelompok makanan lain yang menekankan diet protein tinggi.

Pada akhir periode 12 minggu, mereka yang diberikan kedua jenis makanan porsi yang dikendalikan kehilangan berat badan mereka. Para penulis juga mencatat penurunan berat badan dalam jangka pendek.

3. Makan banyak serat.
Menurut Mayo Clinic, makan banyak serat membantu menurunkan berat badan, mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan tingkat gula darah Anda.

Ini setara dengan risiko diabetes yang lebih rendah dan tubuh umumnya lebih bahagia. Pastikan untuk mengisi piring Anda dengan sayuran dan biji-bijian.

4. Pilih lemak yang tepat.
Kunci lain untuk memastikan Anda merasa kenyang sepanjang hari adalah dengan menggabungkan lemak dalam diet Anda.

Tapi Anda harus tahu, tidak semua lemak adalah pilihan yang baik. Satu ulasan 2009 menyoroti peran penting lemak tak jenuh dalam membantu mengurangi risiko diabetes, di mana Anda harus mengganti lemak jenuh dan trans dalam makanan.

Ini berarti Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung sumber lemak seperti alpukat, minyak zaitun dan kacang-kacangan serta menghindari lemak hewan.

5. Batasi tambahan gula.
Gula menyebabkan diabetes. Kelebihan berat badan meningkatkan peluang Anda untuk mengembangkan diabetes tipe 2 dan mengonsumsi terlalu banyak gula adalah sebagian penyebabnya.

Menurut sebuah meta-analisis yang meneliti hampir 311 ribu peserta, rutin minum minuman manis setiap hari meningkatkan risiko diabetes tipe 2 sebesar 26 persen.

Buah secara alami tinggi gula, tapi mereka juga pilihan makanan terbaik untuk Anda.
Beberapa penelitian bahkan telah menemukan bahwa secara teratur makan buah-buahan utuh telah dikaitkan dengan risiko lebih rendah menderita diabetes.

Sumber : JPNN

To Top