Sosial

Ternyata Kehadiran Pesawat Tempur di Masa Pilkada Dapat Menghibur Warga Aceh

ACEHTERKINI.COM | Atraksi manuver pesawat tempur yang terbang rendah menjadi hiburan tersendiri bagi pelajar dan warga Aceh. Dengan wajah ceria, mereka menyaksikan para pilot menerbangkan ‘burung besi’ dalam kecepatan tinggi.

Pantauan detikcom, air show pesawat tempur Hawk ini digelar sejak pagi hingga siang, Jumat (24/2/2017). Empat pesawat tempur terbang dalam dua gelombang. Pertama, dua pesawat lepas landas dari Lanud Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar, Aceh.

Ternyata Kehadiran Pesawat Tempur Masa Pilkada di Aceh Untuk Menghibur Warga Aceh

Beberapa menit setelah take off, para pilot unjuk kebolehan. Disaksikan ratusan pelajar, mulai tingkat taman kanak-kanak (TK) hingga sekolah menengah atas (SMA) sederajat dan warga, pesawat mulai bermanuver.

Warga dan pelajar berdiri rapi di Lanud SIM untuk menyaksikan jet-jet tempur berputar-putar di langit. Tak sedikit warga yang mengabadikan momen manuver pesawat dengan gawai milik mereka. Meski demikian, beberapa warga terlihat menutup telinga dengan jari tangan karena tidak tahan mendengar suara gemuruh kala pesawat melintas.

Setelah bermanuver beberapa menit, dua pesawat pertama kembali ke landasan. Dua pesawat ini melaju pelan di depan penonton menuju hanggar. Warga dan pelajar melambaikan tangan ketika pesawat berjalan di depan mereka. Dari dalam ‘burung besi’, pilot juga membalas lambaian tangan itu.

Tak lama berselang, giliran dua pesawat lain unjuk kebolehan. Atraksi yang dilakukan sama. Tepuk tangan warga membahana setelah pesawat mendarat. Jet tempur yang beraksi ini jenis Hawk 200 dari Skuadron 12 Pangkalan Udara Roesmin Noerjadin Pekanbaru, Riau.

Komandan Lanud SIM Kolonel Suliono mengatakan kegiatan air show pesawat tempur ini cuma digelar khusus hari ini. Dalam beberapa hari ke depan, masyarakat dapat menyaksikan pameran armada tempur (statik show).

“Secara khusus kegiatan ini digelar hari ini sampai besok. Masyarakat dapat melihat langsung pesawat dengan bebas,” kata Suliono kepada wartawan.

Rencananya, minggu depan pesawat ini akan dipakai untuk patroli udara di wilayah Aceh. Sebelumnya, sejak beberapa hari lalu, lima pesawat tempur Hawk ini menggelar latihan menembak rudal di langit Tanah Rencong.

Menurut Danlanud, kegiatan air show ini dibuka untuk umum dan bertujuan mengajak masyarakat serta pelajar mengetahui lebih dekat tentang TNI Angkatan Udara. Selain itu, acara ini untuk menarik kembali minat masyarakat Serambi Mekah terhadap dunia penerbangan.

“Kita tunjukkan kepada masyarakat Aceh, inilah kebanggaan kita,” jelas Suliono. (detik.com)

To Top