Layanan Publik

Terminal Angkutan Umum Di Aceh Jaya Tidak Beroperasi

ACEHTERKINI.COM |  Terminal terpadu angkutan umum di Kabupaten Aceh Jaya yang dibangun oleh pemerintah kini sudah tidak berfungsi lagi. Dedi, salah seorang warga mengatakan, pemerintah harus menyediakan pelayanan kepada masyarakat khususnya bidang perhubungan.

“Kami sangat susah mencari loket, seharusnya kami tidak berputar-putar mencari loket angkutan umum di Calang jika terminal itu berfungsi,” kata dia kepada acehterkini, Jum’at (24/2/2017).

Ia berharap Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya dapat mengoperasikan kembali terminal terpadu itu, setiap angkutan umum baik antar provinsi, kabupaten maupun antar kampung sekalipun harus masuk ke terminal itu.

Terminal Terpadu di Aceh Terlihat Sepi dan Tidak Berfungsi – acehterkini

“Loket-loket angkutan umum itu juga berada di satu tempat yaitu di terminal jadi tidak bertebaran dimana-mana sehingga sangat sulit untuk masyarakat mencari alamat loket,” ujarnya.

“Jika perlu Pemerintah Aceh Jaya perlu mengadakan angkutan umum untuk lintas kampung di Aceh Jaya, ini juga dapat menghidupkan kembali terminal dan bisa memberi tambahan bagi penerimaaan daerah, karena tidak semua masyarakat di Aceh Jaya ini ada kenderaan pribadi,” saran Dedi.

Menanggapi persoalan itu Kepala Bidang Angkutan Darat dan Lalu Lintas Dinas Perhubungan Aceh Jaya, Safrizal mengatakan, pengoperasian terminal itu adalah wewenang provinsi.

“Setoran retribusinya ke provinsi bukan ke daerah karena ada qanun tentang retribusi terminal itu adalah wewenang Pemerintah Provinsi Aceh,” kata dia.

Menurutnya pihak provinsi sudah menyurati agar terminal tersebut difungsikan kembali, tapi kami dari kabupaten tidak berani mengambil resiko.

Kendala lain kata Safrizal adalah minimnya penumpang dan fasilitas pendukung lainnya seperti tidak tersedianya mushalla, warung-warung dan MCK serta air bersih di lokasi terminal terpadu itu. [Arif]

To Top