Ekonomi

Tahun ini Petani Harus Beli Benih Padi dengan Harga Subsidi

ACEHTERKINI.COM | Pemerintah tidak lagi menggratiskan benih padi kepada petani. Hal ini terkait kemampuan anggaran dari Pemerintah Pusat. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Jaya, M. Jamin mengatakan, tahun ini pemerintah tidak lagi menggratiskan benih padi kepada masyarakat petani.

“Petani harus beli benih padi dengan harga subsidi yaitu Rp2.500 per kilogram. Tapi kalua benih jagung masih gratis asalkan kelompok tani mendaftarkan kelompoknya ke penyuluh pertanian di kecamatan,” kata M. Jamin kepada acehterkini, Selasa (28/2/2017).

Kepala Dinas Pertanian Aceh Jaya, M. Jamin

Menurutnya harga benih padi yang subsidi itu jauh lebih murah daripada harga normalnya sampai Rp12.500 per kilogram. Kebijakan ini besar kemungkinan karena kemampuan anggaran dari Pemerintah Pusat.

“Kami himbau kepada petani yang ingin membeli benih padi dapat menghubungi ketua kelompoknya dan bermusyawarah benih apa yang akan beli. Lalu ketua kelompoknya bisa langsung menghubungi pengusaha untuk dapat di antarkan langsung ke tempat,” tambah M. Jamin.

Baca Juga : Hama Keong Mas Ancam Petani di Aceh Jaya

Ia juga mengingatkan kepada petani di Aceh Jaya untuk dapat mematuhi peraturan yang telah di sampaikan oleh pemerintah daerah yaitu terkait penanaman serentak.

Baca Juga : Hama Burung Pipit Ganggu Produksi Padi di Aceh Jaya

“Jika tanam serentak ini dilanggar maka berakibat fatal dengan banyaknya hama tikus dan burung pipit yang akan merugikan petani itu sendiri,” demikian Kepala Dinas Pertanian Aceh Jaya, M. Jamin. [Arif]

To Top