Ekonomi

Tahun Ini Dana Desa untuk Aceh Tengah Rp286 Miliar Lebih

ACEHTERKINI.COM | Dana desa yang dialokasikan APBN tahun 2017 untuk Kabupaten Aceh Tengah berjumlah Rp286 miliar lebih. “Setiap kampung di Aceh Tengah mendapat alokasi dana desa hamper Rp 1 miliar,” kata Plt. Bupati Aceh Tengah, Alhudri saat melakukan sosialisasi pengelolaan dana desa di Takengon, Jum’at (3/2/2017).

Alhudri mengharapkan agar dana desa yang dikucurkan pemerintah sangat besar dan harus dimanfaatkan untuk kepentingan rakyat.

“Setiap kampung dana desa hampir mencapai Rp.1 milyar, ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk membangun insprastruktur desa dan betul-betul menyentuh kepentingan rakyat,” ujarnya.

Alhudri

Menurutnya, aparatur kampung sebagai penyelenggara pemerintahan di tingkat kampung harus memahami pengelolaan dan penggunaan dana desa dengan baik.

“Jangan sampai aparatur kampung terjerat dengan hukum karena tidak memahami regulasi pemanfaatan dana desa,” tuturnya.

Ditekankan Alhudri, setiap penggunaan dana desa harus diawali dengan perencanaan yang baik dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat setempat.

“Utamakan musyawarah dan kebersamaan agar tidak terjadi perselisihan di antara sesama aparat kampung dan masyarakat, yang lebih penting transparan,” tambah Alhudri.

Tahun 2017 dana desa di Kabupaten Aceh Tengah yang bersumber dari APBN mencapai Rp. 286 milyar lebih, setiap desa rata-rata mendapat Rp. 972 juta lebih atau hampir mencapai Rp.1 miliar.

“Dana desa ini cukup besar, karena itu harus dikelola dan sesuai peraturan agar pembangunan ditingkat kampung lebih baik,” pungkasnya. [ket]

To Top