Lingkungan

Tahun 2017 Riau bebas asap ini kata BMKG

ACEHTERKINI.COM |  Tahun 2017 ini Pemerintah Provinsi Riau canangkan Riau bebas asap akibat dari kebakaran hutan dan lahan, tentunya berbagai usaha antisipasi atau pencegahan dini sudah dilakukan.

Tahun 2017 Riau bebas asap ini kata BMKG

Pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru mempublikasikan hasil deteksi satelit pada Sabtu (18/22017) pukul 16.00 WIB tidak terlihat adanya titik panas (hotspot) di seluruh wilayah kabupaten/kota di Riau.

“Hotspot update tanggal 18 Februari 2017 pukul 16.00 WIB, Sumatera level confidence di atas 50 persen nil (tidak ditemukan),” ungkap Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sugarin lewat media sosial WhatsApp dalam Grup WA Exploring Riau Community, Sabtu (18/2/2017).

Sugarin juga menulis, bahwa info jarak pandang atau visibility di hari yang sama update pukul 16.00 WIB, seluruhnya dikategorikan normal tanpa terhalang asap.

“Pekanbaru 9 kilometer, Rengat 8 kilometer, Dumai 10 kilometer, dan Pelalawan 10 kilometer,” tulis Sugarin.

Meski hari ini satelit tidak mendeteksi kemunculan “hotspot”, namun sebelumnya dilaporkan telah terjadi kebakaran hutan dan lahan di sejumlah wilayah Riau dan dapat segera diatasi oleh regu pemadam Satuan Tugas Penanggulangan Bencana Asap Riau.

Untuk diketahui, kebakaran lahan penyebab bencana asap di Riau sebelumnya berlangsung secara terus menerus selama 19 tahun, bahkan tahun lalu asap kebakaran lahan di daerah ini sempat terseret angin hingga menjangkau dua negara tetangga, yakni Malaysia dan Singapura.

Tahun ini, Pemerintah Pusat dan Pemprov Riau menargetkan tidak lagi terjadi kebakaran lahan yang luar biasa hingga menyebabkan bencana asap yang menyiksa kehidupan jutaan manusia.

Menyatukan dan menyelaraskan misi Riau Bebas Asap 2017, maka kemudian Yayasan Komunitas Aksi Lingkungan (Komunal) melaksanakan kegiatan bertema: Riau Pustaka Lingkungan Dunia.

Kegiatan itu diisi serangkaian acara mulai dari jalan sehat bersama Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, kemudian pameran lingkungan yang tiap stand akan diisi berbagai produk ramah lingkungan milik pemerintah, perusahaan, mahasiswa, pelajar dan masyarakat umum.

Dalam rangkaian acara pada 5 Maret mendatang di Halaman Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) Tribuana ini, panitia juga akan menggelar hiburan di panggung utama dengan mendatangkan artis standup komedi nasional, Aci Resty dan panggung seni, musik dari daerah Riau.

Acara ini juga bertabur ribuan hadiah, termasuk sepeda motor dan sepeda gunung, kulkas, kipas angin, dan baju serta lainnya. (RB/fzr)

To Top