Pendidikan

Simulasi UNBK di Aceh hadapi kendala. Ini penyebabnya

ACEHTERKINI.COM |  Menjelang akan digelarnya Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), sejumlah sekolah mulai melakukan simulasi ujian tersebut. Hanya saja pada saat simulasi ini, para siswa masih dihadapi dengan jumlah komputer yang dapat digunakan.

Simulasi UNBK di Aceh hadapai kendala. Ini penyebabnya
ilustrasi – disediakan oleh duajurai.com

Kondisi ini seperti yang terdapat di SMA Unggul Negeri 2 Banda Aceh saat simulasi UNBK pada Senin 20 Februari 2017. Sebanyak 206 siswa kelas III sekolah tersebut tidak dapat menjalani ujian secara serentak. Hal itu dipicu oleh jumlah komputer yang dapat digunakan.

Saat ini jumlah komputer hanya 90 unit. Sedangkan 206 siswa yang mengikuti UNBK terdiri dari 139 siswa IPA dan 67 siswa IPS. Karena jumlah komputer hanya 90 unit maka simulasi dibagi atas Kepala SMA Unggul 2 Banda Aceh Syarwan Joni mengatakan, simulasi ini bertujuan memberikan pelatihan kepada siswa tentang sistem dan tata cara pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis komputer, sehingga nantinya siswa mengerti teknis pelaksanaan ujian ini.

“Sistemnya pelaksanaan ujian tidak ada yang berbeda. Hari ini (kemarin) kami gelar tiga sesi simulasi karena satu komputer untuk tiga siswa,” katanya seperti mengutip Jawa Pos, Selasa (21/2/2017).

Nantinya, lanjut Syarwan, saat simulasi setiap siswa diberikan kode token tersendiri sehingga antara satu siswa dengan yang lain memiliki password dan token yang berbeda. Kemudian siswa juga bebas memilih satu mata pelajaran yang akan diisi sesuai yang jurusan masing-masing. “Ada siswa, misalnya ia pilih Fisika maka ia akan diberikan soal fisika, tergantung apa yang diambil si anak dan waktu yang diberikan 120 menit,” ucapnya.

To Top