Ekonomi

Serangan Hama Burung di Aceh Jaya Karena Petani Tidak Patuh

ACEHTERKINI.COM | Banyaknya serangan hama burung pipit di Gampong Gunong Meunasah, Kecamatan Setia Bakti sudah sangat meresahkan petani padi. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Jaya, M Jamin mengatakan, petani tidak mematuhi jadwal tanam serentak seperti yang telah dijadwalkan, sehingga hama burung pipit menyerang.

M.Jamin

“Ketidakpatuhan petani padi terhadap jadwal tanam membuat hama burung pipit ini hinggap dan sangat susah untuk di basmi,” kata dia kepada acehterkini, Rabu (1/2/2017).

Menurutnya hama burung tidak dapat kita kendalikan, kecuali dengan pola tanam yang serentak, meskipun kita beri jaring dan perangkap dan itu membutuhkan anggaran yang cukup besar.

“Kami sudah mengintruksikan kepada seluruh petani padi untuk melakukan tanam serentak sehingga panennnya juga serentak, tidak panen disini, disana belum, nanti panen disana hamanya kesana lagi,” tutur M. Jamin.

Ia berharap kepada petani padi di Aceh Jaya mematuhi jadwal yang telah ditetapkan oleh pemerintah daerah agar dapat menghindari kerugian yang lebih besar lagi. [Arif]

To Top