Teknologi

Selamat Ulang Tahun ke-13 Facebook

ACEHTERKINI.COM | Pada 4 Februari, 13 tahun lalu, Facebook lahir dari tangan dingin mahasiswa psikologi Universitas Harvard, Amerika Serikat, Mark Zuckerberg. Saat itu, bersama rekan-rekannya, Zuckerberg yang masih berusia 23 tahun meluncurkan platform jejaring untuk mahasiswa Universitas Harvard, yang awalnya dinamai The Facebook.

Dikutip dari The Guardian, Jumat 3 Februari 2017, nama The Facebook diambil dari lembaran kertas yang didistribusikan ke mahasiswa baru dan staf Universitas Hardvard. Dalam 24 jam, 1200 mahasiswa Harvard mendaftar masuk. Kemudian sebulan setelah diluncurkan, lebih dari setengah Universitas Harvard sudah memiliki akun The Facebook.

Kemudian, The Facebook mulai dikenal luar Harvard dan sampai viral sampai ke universitas lain di Boston, Amerika Serika, kampus Ivy League, Universitas Standford dan seiring waktu sampai ke seluruh universitas di Negeri Paman Sam.

Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun.

Setahun lebih setelah diluncurkan, situs The Facebook kemudian berubah menjadi Facebook.com pada Agustus 2005. Untuk membeli nama domian Facebook.com saat itu, maka pengelola The Facebook saat itu harus membeli domain tersebut dengan mahar US$200 ribu.

Berubah domain menjadi Facebook.com, platform ini terus bekembang. Pada September 2005, siswa SMA di AS sudah berbondong mendaftarkan akun mereka. Usai menembus para remaja AS, Facebook.com kemudian mulai viral ke luar AS dan mendunia. Beberapa bulan setelah itu, Facebook.com mencapai pengguna internet di univerisitas di Inggris.

Lahirnya Facebook
Dalam riwayatnya, Facebook memang bukan yang pertama diciptakan Zuckerberg. Sebelum The Facebook lahir, Zuckerberg telah mengembangkan website jejaring sosial untuk mahasiswa Harvard.

Zuckerberg

Pendahulu The Facebook yaitu Facemash. Zuckeberg juga mengembangkan Coursematch sebelum melahirkan The Facebook. Situs Coursematch memungkinkan pengguna untuk melihat gelar seseorang, sedangkan Facemash memungkinkan pengguna untuk mengetahui apa yang sedang menjadi perhatian masyarakat.

Facemash dilahirkan pada 28 Oktober 2003 saat Zuckerberg memasuki tahun kedua di kampus Hardvard. Saat menyelesaikan Facemash, Zuckerberg meretas ke bagian jaringan komputer Harvard yang dilindungi dan menyalin gambar-gambar ID pribadi penghuni asrama Hardvard.

Harvard pada waktu itu tidak memiliki direktori berisi foto dan informasi dasar mahasiswa. Facemash menarik 450 pengunjung dan 22.000 tampilan foto pada empat jam pertama mengudara.

Populer, Facemash kemudian diteruskan ke beberapa server grup kampus, tapi dimatikan beberapa hari kemudian oleh petugas administrasi Hardvard. Zuckerberg dihukum karena menembus keamanan kampus, melanggar hak cipta dan melanggar privasi individu sampai terancam dikeluarkan dari kampus. Kemudian hukuman tersebut dibatalkan.

Selanjutnya pada semester berikutnya, Zuckerberg menulis coding untuk situs baru pada Januari 2004. Dan kemudian dia mengembangkan The Facebook yang dilahirkan pada 4 Februari.

Jalan Facebook untuk berkembang tak mulus. Zuckerberg menemui batu kendala saat awal pengembangkan Facebook.

Pada September 2004, saat The Facebook mulai berekspansi di kampus-kampus AS, situs tersebut terseret kasus hukum. Zuckerberg dituding menjiplak ide dan coding dari situs jejaring sosial ConnectU, yang dikembangkan Divya Narendra, dan dua bersaudara Cameron dan Tyler Winklevoss. Diketahui, Zuckerberg bekerja sebagai programmer komputer kepada ketiganya, yang merupakan mahasiswa satu kampus dengan Zuckerberg.

Kasus gugatan ketiga teman Zuckerberg itu diberhentikan pada Maret 2007 karena alasan teknis, tanpa adanya sebuah putusan.

Selain ujian kasus hukum, Zuckerberg juga mendapat ujian berupa godaan. Pada 2006, Facebook diincar oleh perusahaan teknologi. Yahoo dan Google termasuk di antara beberapa perusahaan yang menyatakan minat membeli Facebook. Rumor saat itu, keduanya mengiming-imingi bos Facebook itu dengan tawaran mahar US$2 miliar. Tapi Zuckerberg menolak tawaran tersebut. (Viva News)

To Top