Lingkungan

Sekelompok gajah liar masih bertahan di perkebunan warga

ACEHTERKINI.COM | Diperkirakan sembilan ekor gajah liar masih berkeliaran di areal kebun petani di perbatasan Keumala Dalam di Kecamatan Keumala, dan Gampong Geunie di Kecamatan Tangse.

Sekelompok gajah liar masih bertahan di perkebunan warga

Hewan berbadan besar yang digelar masyarakan Aceh Po Meurah ini menginjak-nginjak puluhan hektare tanaman padi di kawasan tersebut, termasuk menyantap tumbuhan produktif lainnya seperti coklat dan pinang.

Menurut keterangan masyarakat setempat, sekelompok kawanan gajah yang telah terpisah berjumlah 17 ekor, saat ini berkeliaran di dekat Krueng Mukejek Keumala.

Lokasi tersebut cukup jauh dari permukiman warga. “Selain padi, warga pemilik kebun juga merugi akibat pohon pinang yang mereka tanam turut menjadi sasaran amukan kawanan gajah.

Sembilan ekor gajah ini masih bertahan di kawasan Cot Rheng, sambil menyantap padi tajok milik warga. Petani pun pasrah dengan kondisi ini, namun berharap pemerintah turun tangan mengusir gajah dari lokasi tersebut.

Kawanan gajah liar itu bahkan telah melahirkan anak yang masih berumur satu minggu. Petani pun belum berani mengusir gajah ini karena takut induk gajah akan mengamuk karena sangat sensitif jika diganggu.

Upaya warga mengusir hewan ini menggunakan marcon, tidak membuahkan hasil. Warga sekarang pasrah terhadap ganguan hewan besar tersebut yang merusak tanaman sawah dan kebun warga,

To Top