Pendidikan

Pustakawan UTU Dibekali Pelatihan Otomasi Perpustakaan

ACEHTERKINI.COM |  Universitas Negeri Teuku Umar Meulaboh melalui UPT. Perpustakaan bekerjasama dengan Aceh Library Consultant (ALC) menggelar pelatihan manajemen perpustakaan berbasis web dengan menggunakan software SLiMS di ruang UPT. Perpustakaan Universitas Teuku Umar Meulaboh.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari, mulai Rabu hingga Kamis (22-23 Februari 2017) diperuntukkan untuk pustakawan dan pengelola UPT. Perpustakaan Universitas Teuku Umar Meulaboh turut menghadirkan pemateri sekaligus instruktur dari prodi S1 Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry masing-masing, Nazaruddin, M.LIS dan Arkin, S.IP.

Pustakawan UTU Dibekali Pelatihan Otomasi Perpustakaan

Rektor UTU Meulaboh, Prof Dr Jasman J Ma’ruf SE MBA melalui kepala UPT. Perpustakaan, Najamudin, SE.,M.Si dalam sambutannya mengatakan pelatihan manajemen perpustakaan merupakan serangkaian kegiatan dalam rangka mendukung proses integrasi system dari manual ke otomasi.

“Setelah pelatihan ini kita bersama dengan pihak Aceh Library Consultant (ALC) sedang berupaya meningkatkan pelayanan yang maksimal di perpustakaan. Insya Allah sebanyak 24 ribu lebih koleksi akan kita entri kedalam system untuk kemudahan penelusuran informasi diperpustakaan”,kata Najamudin, Rabu (22/2) diperpustakaan UTU Meulaboh.

Menurut Najamudin, perpustakaan merupakan jantung sebuah perguruan tinggi yang menjadi sumber belajar dan referensi bagi mahasiswa. Karena itu, dibutuhkan terobosan dengan melakukan otomasi perpustakaan guna meningkatkan layanan serta kemudahan dalam temu kembali informasi.

“Walaupun belum maksimal, namun setidaknya terobosan ini bisa membantu temu kembali informasi serta kemudahan akses buku yang menjadi rujukan setiap sivitas akademika UTU Meulaboh,” katanya.

Ia juga menjelaskan, ke depannya untuk mencari koleksi buku tidak perlu lagi datang ke rak, cukup dengan search di OPAC semua sudah diarahkan oleh system. [Arkin]

To Top