Hukum

Polres Langkat musnahkan 132 karung bawang merah ilegal

ACEHTERKINI.COM |  Balai Karantina Sumut memusnahkan barang bukti bawang merah illegal di areal kebun sawit dekat Polres Langkat, Senin (20/2). Petugas dari Polres Langkat ikut menyaksikan pemusnahan tersebut. Bawang yang berasal dari luar negeri tersebut diamankan karena tidak memiliki izin. Barang bukti tersebut hasil tangkapan pekan lalu.

Polres Langkat musnahkan 132 karung bawang merah ilegal

Sebanyak 132 karung bawang merah ilegal dimusnahkan dengan cara dikubur ke lubang sedalam lima meter di sekitar kebun sawit.

Penangkapan bawang tersebut dilakukan oleh Sat Reskrim Unit Ekonomi Polres Langkat yang mencurigai satu unit mobil Tangki Air dengan nomor plat BG 8729 UC yang melintas dari Aceh melewati Jalan Lintas Stabat-Banda Aceh.

Kemudian pihak Kepolisian melakukan pemeriksaan dan mendapati di tangki tersebut berupa barang bukti bawang merah.

Petugas mengamankan supir Undang Hutagaol (46) warga Jalan Tebasan dan Togap Manaon Hutagaol (43) warga Jalan Murni ke Polres Langkat.

KBO Reskrim Polres Langkat, Iptu Malaganti Pangabean mengatakan pelaku dikenakan Pasal 31 UU RI No 16 Tahun 1992 Tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan.

“Tersangka dalam hal ini akan dijerat dengan tindak pidana di bidang karatina, yaitu membawa bawang merah tanpa dilengkapi dengan dokumen yang sah berupa dokumen karantina yang mana asal usul bawang merah diduga berasal dari luar negeri,” katanya. (wes/tribun-medan.com)

To Top