Sosial

Pilkada Aceh, Ini Himbauan Komnas HAM

ACEHTERKINI.COM | Komnas HAM Perwakilan Aceh mengeluarkan himbauan menjelang Pilkada serentak pada Rabu, 15 Februari 2017. Kepala Komnas HAM Perwakilan Aceh, Sepriady Utama mengharapkan kepada semua Pasangan Calon kepala daerah, tim kampanye serta partai politik untuk menjalankan ikrar Pilkada damai yang telah disepakati bersama.

Menurut Sepriady Pilkada Aceh yang demokratis dan sesuai dengan prinsip-prinsip HAM jika Pilkada dapat dilaksanakan secara bebas, rahasia, tanpa gangguan atau tekanan dari pihak manapun.

Ilustrasi [bbc.com]

Tahapan dalam Pilkada harus dapat memastikan adanya jaminan kebebasan berekpresi dari keinginan si pemilih atau menjamin adanya pernyataan bebas dari kehendak pemilih.

”Pilkada haruslah bersifat universal dan tidak boleh diskriminatif, artinya memberikan kesempatan yang sama bagi semua orang untuk memilih dan dipilih tanpa membedakan suku bangsa, warna kulit, agama, jenis kelamin,” ujar Sepriady, Senin (13/2/2017).

Himbauan lain yang disampaikan Komnas HAM Perwakilan Aceh adalah meminta Polri dapat memberikan rasa aman bagi pemilih untuk memilih dan menindak tegas semua pihak yang melakukan perbuatan yang langsung dan tidak langsung menggangu ketertiban atau mengintimidasi dan menghalang-halangi pemilih untuk menetukan pilihannya. [Dedi]

To Top