Kesehatan

Penderita HIV/AIDS di Lhokseumawe Meningkat

ACEHTERKINI.COM |  Penderita HIV/AIDS di Kota Lhokseumawe mengalami peningkatan pada 2016. Secara umum, yang mengidap virus tersebut masih berusia produktif.

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe dr Herliza, Senin (20/2/2017) mengatakan, jumlah penderita HIV/AIDS pada tahun 2016 mencapai 39 kasus.

Penderita HIV/AIDS di Lhokseumawe Meningkat
Gbr. kompas.com

“Kalau tahun 2015 lalu, jumlah penderita HIV/AIDS di Kota Lhokseumawe mencapai 33 kasus. Jadi tahun ini mengalami peningkatan 6 kasus dan banyak penderitanya berusia produktif,” ujar Herliza.

Herliza menambahkan, para penderita tersebut banyak yang tertular melalui hubungan seks secara bebas, penggunaan narkoba melalui jarum suntik dan bahkan ada ditemukan penularan melalui kalangan homoseksual.

Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe telah menyiadakan klinik Voluntary Counseling Test (VST), di Puskesmas Muara Satu, Muara Dua, dan Rumah Sakit Kesrem TNI AD Lhokseumawe.

“Bagi kalangan yang beresiko tertular virus tersebut, maka segera lakukan pemeriksaan di klinik VCT tersebut. Sehingga bisa terdeksi secara dini dan bisa segera diberikan obat-obatan untuk memperlambat perkembangbiakan virus itu,” tutur Herliza.

To Top