Hukum

Panwaslih Abdya Terima Laporan Dugaan Politik Uang

ACEHTERKINI.COM | Meskipun pelaksanaan pesta demokrasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) telah usai, namun dalam perjalanannya ada sejumlah dugaan politik uang (Money Politic) yang dilakukan oleh sejumlah pasangan calon (Paslon) kandidat jelang hari pemilihan pada 15 Februari 2017 lalu.

Dimana, Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Abdya telah menerima sejumlah laporan tentang dugaan politik uang yang dimainkan oleh beberapa Paslon kandidat. Salah satunya, dilayangkan oleh kubu Paslon nomor urut (3), Hasbi-T Alamsyah Yusfa yang maju dari jalur perseorangan. Tim pemenangannya, melaporkan dugaan politik uang yang dilakukan para kandidat di Abdya.

Ilustrasi

Erly Zulfandi selaku Sekretaris Tim Pemenangan Paslon nomor urut (3), yang dihubungi wartawan, Rabu (22/2/2017) membenarkan kalau pihaknya telah menyerahkan laporan dugaan politik uang yang dilakukan oleh sejumlah Paslon kandidat.

Meskipun begitu Erly menolak memberitahukan kandidat mana yang telah melakukan praktik politik uang tersebut. Kata Erly, laporan itu bersifat umum, bukan ditujukan pada salah satu Paslon kandidat saja, akan tetapi juga kepada Paslon lainnya yang diduga telah melakukan politik uang.

“Panwaslih Abdya sudah terima laporan itu dengan nomor 004/LP/20/02/2017, pada Selasa (21/2/2017) kemarin. Dimana kami melaporkan tentang dugaan politik uang yang dilakukan sejumlah Paslon saat Pilkada kemarin,” sebutnya.

Disamping itu, Erly juga mengaku telah dipanggil Panwaslih Abdya untuk melakukan klarifikasi terkait laporan yang telah diserahkan itu. Dalam proses tersebut, Panwaslih juga melibatkan pihak kepolisian yang tergabung dalam petugas Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu). Pihaknya melaporkan dugaan dimaksud sesuai dengan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 pasal 73 ayat (1) dan (2) tentang pelanggaran administrasi.

“Kami telah memenuhi undangan Panwaslih untuk melakukan klarifikasi laporan dugaan politik uang yang telah kita laporkan beberapa waktu lalu. Kita berharap Panwaslih dapat segera menindaklanjuti laporan tersebut,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panwaslih Abdya, Idris mengakui kalau pihaknya telah menerima laporan pasca hari pencoblosan. Laporan tersebut datang dari Sekretaris Tim Pemenangan Paslon nomor urut (3), Erly Zulfandi dan laporan dari Ketua Tim Sukses Paslon nomor urut (6), Hendrik HS. Semua laporan yang masuk tersebut, merupakan laporan dugaan politik uang yang dilakukan oleh beberapa Paslon kandidat Bupati/Wakil Bupati Abdya.

“Untuk mengklarifikasi masalah laporan tersebut, kita sudah memanggil beberapa saksi. Kemudian kita juga akan menindaklanjuti sesuai dengan hasilnya nanti. Saat ini sedang dilakukan pemeriksaan oleh Divisi Hukum Penindakan Pelanggaran (HPP) Panwaslih yang tergabung dalam sentra Penegakan hukum Terpadu (Gakkumdu),” demikian singkat Idris. (RiZal)

To Top