Sosial

Mahasiswa AlMuslim Panen Ikan Lele

ACEHTERKINI.COM |  Mahasiswa Universitas Almuslim (Umuslim) pada masa akhir pengabdiannya dalam program Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) di Gampong Uteun Gathom Kecamatan Peusangan Selatan, Bireuen melakukan panen ikan lele jenis sangkuriang hasil pembibitan pada kolam terpal yang dilakukan mahasiswa di desa tersebut, Selasa (21/2/2017) sore.

“Program pembibitan Ikan lele ini merupakan program percontohan yang dilaksanakan mahasiswa saat melaksanakan KKM di Desa Uteun Gathom,” kata Kepala Bapel KKM UMuslim, Drs. Syarkawi, Rabu (22/2/2017).

Mahasiswa AlMuslim Panen Ikan Lele Sangkurian di Desa Uteuen Gathom, Bireuen

Program pemeliharaan ikan dalam kolam terpal ini dilakukan mahasiswa sebagai program percontohan bagi masyarakat yang diharapkan akan dapat menjadi suatu program peningkatan ekonomi bagi masyarakat desa.

Menurut Syarkawi program ini bisa memberi manfaat besar bagi masyarakat. Kolam terpal yang dibuat pada percontohan ini, ada tiga kolam  satu kolam berukuran 3X2 yang diisi 500 bibit ikan lele berukuran 2-3 cm per ekor, pemeliharaan  masa waktu 2 bulan hasilnya ratusan kilogram lele sudah bisa panen, satu kolam berhasil panen antara 250-300 kilogram ikan lele dengan ukuran 7-8 ekor per kilo.

Bibitnya, sambung Dosen pembimbing program Muliari, merupakan kerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Bireuen. “kami membimbing mahasiswa mulai dari pembuatan kolam, pembuatan pakan alami (plankton) sampai panen hasil dengan melibatkan masyarakat,” kata Muliari.

“Masyarakat bisa melanjutkan program pembibitan ikan lele ini secara perorangan dan kelompok dengan menggunakan dana desa, karena usaha ini merupakan salah satu usaha yang dapat meningkatkan ekonomi keluarga,” ujarnya. [Red]

Editor : Rahmatsyah

To Top