Layanan Publik

KIP Lipat Kertas Suara 9 Paslon Kandidat di Abdya

ACEHTERKINI.COM | Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat Daya (Abdya) sedang melakukan pelipatan kertas surat suara untuk 9 Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Abdya yang akan dipilih pada, Rabu 15 Februari 2017 mendatang.

Hingga Senin (6/2/2017) KIP Abdya tengah merampungkan proses pelipatan surat suara untuk Paslon bupati dan wakil bupati. “Diperkirakan dalam waktu 3 hari pelipatan kertas surat suara untuk 9 paslon itu sudah selesai dilakukan. Seandainya belum selesai, waktunya akan kita tambah,” kata Pokja Logistik, KIP Abdya, Hasbi kepada wartawan diruang kerjanya, Senin (6/2/2017).

Sementara untuk surat suara yang dicetak 10 paslon tidak dilipat dan disimpan di gudang logistik KIP setempat.

Proses pelipatan surat suara 9 paslon ini dilakukan setelah Mahkamah Agung (MA) RI menolak gugatan Paslon Bupati-Wakil Bupati Abdya nomor urut 4 Said-Nafis terhadap KIP Aceh.

KIP Abdya Mulai Melipat Surat Suara 9 Paslon Kandidat

Informasi  dari website resmi MA, perkara dengan nomor register 3 P/PAP/2017, jenis permohonan P/HUM, jenis perkara TUN, tanggal gugatan masuk 25 Januari 2017, tanggal distribusi 30 Januari 2017 dengan pemohon Said Syamsul Bahari, DK, ditolak permohonannya.

Dimana, perkara itu ditanggani oleh majelis hakim yang diketuai, Yosran SH MH didampingi hakim anggota, Dr Irfan Fachruddin SH CN dan H Yulius SH MH serta panitera pengganti, Maftuh Effendi SH MH.

Pencoretan paslon nomor urut 4, berawal dari dukungan yang diberikan oleh PKPI kepada pasangan Said-Nafis ditandatangani oleh Ketua Umum PKPI Isran Noor dan Wakil Sekretaris Jenderal Takudaeng, seharusnya ditandatangani Sekretaris Jenderal Samuel Samson. Dengan dicoretnya paslon nomor urut 4 itu, KIP Aceh telah memperlihatkan contoh surat suara dengan 9 pasangan calon di Abdya.

Hasbi selaku Komisioner KIP Abdya mengaku belum menerima salinan keputasan MA terkait Paslon Said-Nafis. Akan tetapi proses pelipatan surat suara itu merupakan perintah langsung dari KIP Aceh setelah dilakukan koordinasi terkait tindaklanjut persiapan logistik Pilkada.

“Pelipatan surat suara yang berisikan 9 paslon ini dilakukan setelah adanya koordinasi antara KIP Abdya dan KIP Aceh. Jadi kami selaku penyelenggara segera menjalankan perintah itu, mengingat waktu pemilihan sudah dekat,” tuturnya.

Dikatakan Hasbi, dengan melibatkan 32 orang tenaga dari kalangan masyarakat akan selesai pada Selasa (7/2/2017). Selanjutnya seluruh logistik pendukung Pilkada akan dikemas dalam kotak surat suara untuk kemudian didistribusikan ke seluruh kecamatan dalam kabupaten setempat.

“Untuk surat suara calon gubernur/wakil gubernur telah rampung dan selesai sesuai dengan target,” ujarnya.

Selama proses pelipatan surat suara berlangsung, baik untuk gubernur/wakil gubernur dan bupati/wakil bupati, KIP Abdya menemukan puluhan surat suara yang rusak dengan sejumlah jenis kerusakan. “Jumlah kerusakannya tidak terlalu signifikan, hanya puluhan lembar. Seperti surat suara calon gubernur/wakil gubernur, hanya 52 lembar, kalau untuk bupati belum direkap,” sebutnya. (Rizal)

To Top