Layanan Publik

KIP Aceh : Keliru Mencoblos, Boleh Coblos Lagi

ACEHTERKINI.COM | Anggota Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Muhammad mengatakan bagi pemilih yang sudah mencoblos Pasangan Calon tertentu dan kemudian ia ragu dan berubah pikiran maka pemilih boleh meminta surat suara satu kali lagi kepada KPPS. Hal itu dikatakan Muhammad di acara talkshow dengan RRI Banda Aceh, Kamis (9/2/2017) sore.

Muhammad menambahkan kalau pemilih keliru mecoblos boleh sekali lagi menggunakan hak pilihnya. “pemilih memiliki hak sekali lagi untuk meminta kertas suara yang baru,” kata Muhammad.

Ilustrasi

Dijelaskan kepada acehterkini, Jum’at (10/2/2017), aturan itu mengacu PKPU Nomor 14 Tahun 2016 atas Perubahan PKPU Nomor 10 Tahun 2015.

Dalam Pasal 32 ayat (1) huruf d menyebutkan surat suara diterima oleh pemilih dalam keadaan rusak atau pemilih keliru dalam memberikan suara maka pemilih dapat meminta lagi surat suara pengganti kepada Ketua KPPS dan hanya mendapat 1(satu) kali perggantian.

Surat suara yang rusak atau keliru dicoblos ini juga akan dihitung oleh KPPS setelah pemungutan suara selesai dan bukan suara yang sah. [Red]

Editor : Firman

To Top