Hukum

KIP Abdya di Adukan ke DKPP

ACEHTERKINI.COM | Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat Daya kembali diadukan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Republik Indonesia di Jakarta oleh  Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA).

Muzakir AR, SH selaku Kordinator Posko Pengaduan Pilkada di YARA mengatakan, tadi siang, Senin (6/2/2017) sekitar pukul 12.00 WIB, staf DKPP RI menerima secara langsung aduan yang diserahkan dan telah diregister dengan nomor: 29/VI-P/L-DKPP/2017.

Muzakir dalam keterangan tertulisnya menjelaskan, yang menjadi pokok aduan kami ke DKPP adalah dugaan KIP Abdya yang tidak melakukan verifikasi faktual perbaikan syarat dukungan calon perseorangan, dan dugaan tidak ditelitinya keabsahan dokumen persyaratan pencalonan Calon Bupati dan Wakil Bupati Muclis Muhdi dan Hj. Syamsinar yang diusung dari Partai Hanura, Surat Keputusan Calon Bupati dan Wakil Bupati Abdya Nomor SKEP/B/105/DPP-HANURA/X/2016 tertanggal 14 Oktober 2016 yang ditanda tangani oleh Plh Ketua Umum Dr. Chairuddin Ismail.SH.MH dan Sekjen Dr. Berliana Kartakusumah.

Muzakir AR, SH selaku Kordinator Posko Pengaduan Pilkada di YARA Melaporkan KIP Abdya ke DKPP, Senin

“Seharusnya Surat Keputusan Dukungan Partai tersebut di tanda tangani oleh Ketua Umum dan Sekjen Partai Hanura sesuai dengan Surat pengantar Ketua KPU Nomor 375/KPU/VII/2015 perihal Pengurus Dewan Pimpinan Pusat Partai Politik,” ujar Muzakir.

Dalam Surat Pengaduan itu yang menjadi teradu atau telapor adalah ketua dan empat anggota KIP Aceh Barat Daya. “Kami meminta DKPP agar memeriksa dan memutuskan dugaan pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu,” demikian Muzakir. [Red]

To Top