Politik

KIP Abdya Akan Plenokan Hasil Pilkada, Akmal-Muslizar Unggul

ACEHTERKINI.COM | Dijadwalkan pada Kamis (23/2/2017) besok, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat Daya (Abdya) akan melakukan rekapitulasi hasil perolehan suara untuk sembilan kandidat Bupati/Wakil Bupati Abdya periode 2017-2022 yang berlangsung di Aula Kantor KIP setempat.

Dalam real count KPU untuk Abdya, Akmal Ibrahim – Muslizar masih unggul dengan perolehan 28.138 suara atau sekitar 35,39 persen dari 84.594 pengguna hak pilih. Kemudian disusul Mukhlis MS – Hj. Syamsinar dengan 20.234 suara atau 25,45 persen.

Diurutan ketiga, Erwanto – Muzakir yang diusung Partai Aceh ini hanya meraih 13.108 suara atau 16.49 persen. Ketiga Pasangan Calon itu maju dari jalur Partai Politik (parpol).

Data tersebut dapat diupdate melalui portal KPU. “Jika diperkirakan tingkat partisipasi pemilih di Abdya mencapai 83,3 persen,” kata M. Zikri selaku Pokja DPT, KIP Abdya diruang kerjanya, Selasa (21/2/2017).

Rekapitulasi yang akan dilakukan KIP Abdya tersebut, lanjut Zikri merujuk pada hasil rekapitulasi yang telah dilakukan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di sembilan kecamatan dalam Kabupaten Abdya. Dimana, rekap ditingkat PPK sudah dilakukan sejak tanggal 16 – 22 Februari 2017.

“Semua rekap suara ditingkat PPK sudah masuk ke gudang logistik KIP Abdya, pada tanggal 23 Februari besok akan kita rekap kembali versi KIP Abdya yang disertai dengan rapat pleno,” tutur Zikri yang juga turut dibenarkan oleh komisoner KIP lainnya Said Maskur dan Hasbi.

Setelah hasil pleno rekapitulasi itu selesai, tambah Zikri, maka pihaknya akan mengikuti jadwal penetapan bupati dan wakil bupati terpilih pada tanggal 11 Maret 2017 yang rencananya akan berlangsung di Gedung DPRK Abdya.

“Jadwal penetapan itu akan dilaksanakan jika tidak ada sengketa dalam Pilkada, kalau menurut saya jika selisih suara begitu besar maka akan sangat sulit adanya sengketa Pilkada,” demikian Zikri. (Rizal)

To Top