Sosial

Kementerian Agama Rancang Program Sertifikasi Khatib

ACEHTERKINI.COM | Kementerian Agama (Kemenag) merancang program sertifikasi khatib. Namun sampai sekarang belum diputuskan lembaga mana yang menjalankan sertifikasi.

Rencana Kemenag ini diingatkan supaya tidak meniru model pengawasan ceramah khatib di era Orde Baru (orba).

Rencana program sertifikasi khatib itu disampaikan Menag Lukman Hakim Saifuddin dalam rapat kerja bersama Komisi VIII DPR, Senin (30/1/2017).

Lukman menuturkan, saat ini bangsa sedang diuji dan arahnya pada disintegrasi bangsa. Sehingga dia berharap para dai untuk mengampanyekan moderasi agama.

Lukman Hakim Saifuddin

“Menunjukkan nilai-nilai agama Islam yang menyatukan. Bukan yang memecah belah umat,” jelasnya.

Jebolan pondok pesantren Darussalam, Gontor, Ponorogo itu mengatakan, dalam program sertifikasi khatib nantinya, Kemenag hanya mengurusi penetapan kualifikasi dan kompetensi.

Sementara lembaga yang berhak mengeluarkan sertifikat khatib, belum ditetapkan sampai sekarang.
Kemenag terus melakukan roadshow ke ormas-ormas Islam dan perguruan tinggi untuk meminta saran terbaik.

Lukman menjelaskan pada tahap awal, sertifikasi khatib ini menyasar dai yang mengisi ceramah di kantor-kantor instansi pemerintah.

Kemudian menyasar khatib langganan masjid nasional, masjid akbar, masjid raya (provinsi), masjid agung (kabupaten/kota), masjid besar (kecamatan), sampai masjid jami’ (kelurahan/desa).

“Perlu batasan kualifikasi sebagai penceramah,” jelasnya, sebab, Kemenag ingin ceramah yang disampaikan tidak lagi berisi adu domba dan menghina kelompok lain.

Tentu saja, program ini mendapat penolakan dari ulama. Salah seorang yang menentang adalah ulama besar Tasikmalaya, KH Abun Bunyamin Ruhiat.

KH Abun khawatir sertifikasi akan menjadi celah bagi pemerintah mengintervensi ulama. “Dikhawatirkan suaranya (khatib, Red) menjadi suara pemerintah, bukan suara yang diinginkan mereka (penceramah, Red),” ujar pimpinan Pondok Pesantren Cipasung itu, Rabu (1/2/2017).

Sumber : Okezone/Jpnn

To Top