internasional

Belgia Akui Agama Islam Sejak 1974

ACEHTERKINI.COM | Kemudian diikuti tumbuhnya komunitas-komunitas Muslim di banyak negara Eropa. Kehadiran umat Muslim yang semakin intens dan banyak, akhirnya mendapat pengakuan. Di Belgia, misalnya, sejak tahun 1974, Islam sudah diakui sebagai salah satu agama resmi di negara tersebut.

ilustrasi

Seolah menemukan momentumnya, Islam lantas menjadi agama dengan perkembangan pesat di seluruh Eropa, tak terkecuali di Belgia. Islam menjelma sebagai agama terbesar kedua di beberapa negara, peningkatan jumlah pemeluknya juga begitu signifikan.

Inilah sumber kecurigaan tadi. Sebagian menganggap, kehadiran imigran Muslim bak menyimpan bom waktu. Sehingga, lanjut Michael Radu, hal itu membuat marak sentimen anti Islam. Kebencian mereka pada Islam, tak lagi sebatas retorika, kebijakan, atau kecaman, melainkan mengarah pada kebencian dan Islamophobia.

Sebuah survei di tahun 2006 menunjukkan, 61 persen masyarakat Belgia meyakini, perselisihan antara Muslim dan warga lokal akan semakin meningkat di masa mendatang. Di antara faktor pendorongnya yakni isu terorisme dan kelompok radikal yang tak kunjung selesai.

Sumber : Republika

To Top