Layanan Publik

Begini Potret Pendidikan di Aceh Jaya, Murid SD Masih Belajar di Gudang

ACEHTERKINI.COM | Sejumlah murid SD Negeri 2 Gampong Blang, Kecamatan Krueng Sabee, Kota Calang sampai saat ini masih belajar di bekas gudang sekolah dan bekas ruko warga setempat, Jum’at, (03/02/2017).

Mantan Kepala Sekolah SD 2 Gampong Blang, Safril mengatakan sejak tahun 2014 pihaknya telah melakukan lobi ke pihak dinas namun saat ini belum ada hasilnya.

“Mereka belajar di gudang sudah sangat lama, sebelum saya menjabat, di ruang kelas rumah guru itu sudah ada, setelah itu baru di tempat lain bekas Ruko itu dan bekas gudang/kantin lama,” ungkapnya.

Murid SD Gampong Blang, Kota Calang Belajar di Gudang [Foto : Arif]

Menurut Safril, sekolah SD 2 tersebut termasuk salah satu sekolah favorit, setiap tahunnya murid di situ bertambah bahkan ada yang ingin pindah kesitu semua ingin sekolah di situ, selain itu sekolah tersebut juga menjadi gugus untuk para guru.

“Setiap yang jadi kepala sekolah ini pernah melobi akan tetapi belum ada yang jebol,” tuturnya

Senada dengan Safril, Kepala Sekolah SD 2 Gampong Blang, T. Samsul mengharapkan agar pemerintah daerah dapat mencari solusi kongkrit dalam menangani masalah ini.

Apalagi saat ini setiap tahun peminat untuk sekolah SD 2 ini semakin meningkat, sehingga sarana dan pra sarana sangat dibutuhkan untuk mendukung pendidikan.

Menanggapi masalah itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Jaya Edwar mengaku bahwa pihaknya telah berupaya melobi pemilik tanah untuk membangun ruang kelas belajar di sekolah itu tapi masih belum jelas.

“Ini masalah cuma di tanah saja karena tumpang tindih kepemilikan,” ujarnya.

Kata dia bukan SD 2 Gampong Blang saja yang bermasalah dengan tanah, akan tetapi SD 2 Krueng Sabee juga bermasalah dengan tanah, SD 4 Teunom juga bermasalah dengan tanah padahal sangat dibutuhkan.

“Upaya memang ada wacana untuk membangun lantai II, tapi harus melihat pondasi awal  yang tidak memungkinkan, jangan sampai setelah dibangun roboh,” demikian Edwar. [Arif]

To Top