Layanan Publik

Atas Perintah KPU, KIP Abdya Cetak Surat Suara 9 Paslon

ACEHTERKINI.COM | Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat Daya (Abdya) sudah mencetak kembali surat suara 9 (sembilan) Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Abdya periode 2017-2022. Sebelumnya KIP juga telah mencetak surat suara dengan 10 Paslon yang saat ini masih berada digudang logistik Sekretariat KIP setempat.

Hingga saat ini, kertas surat suara untuk 10 paslon belum dilakukan pelipatan. Dimana, KIP masih menunggu putusan dari Mahkamah Agung (MA) terkait dengan pencoretan Paslon nomor urut 4, Said Syamsul Bahri-Nafis A Manaf dalam bursa 10 Calon Kandidat Bupati dan Wakil Bupati Abdya.

Sambil menunggu putusan itu dikeluarkan oleh MA, mengingat waktu pemilihan sudah sangat dekat. KIP Abdya berdasarkan hasil koreksi KPU RI, telah mencetak kembali kertas surat suara tanpa Paslon nomor urut 4.

Ilustrasi

“Kertas surat suara 9 paslon yang kita cetak ini, sesuai dengan perintah dan hasil koreksi dari KPU RI tentang pencoretan Paslon nomor urut 4 dalam bursa Kandidat Calon Bupati dan Wakil Bupati Abdya,” kata Pokja Logistik KIP Abdya Hasbi, Jumat (3/2/2017).

Desain kertas surat suara tersebut hanya mencantumkan sembilan foto Paslon. Dimana, KIP Aceh jauh-jauh hari telah melakukan sosialisasi di Sekretariat KIP Abdya dengan mengundang para Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di sembilan kecamatan dalam Kabupaten Abdya.

Cetak ulang kertas surat suara yang kedua kalinnya ini, lanjut Hasbi, bukan bermaksud untuk mengesampingkan masalah pencoretan kandidat nomor urut 4 yang sedang menempuh jalur hukum di MA. Namun, yang dijalankan ini melainkan perintah KPU RI dan KIP Aceh. “Kita hanya menjalankan perintah atasan, jika tidak dijalankan maka kami yang akan menjadi sasaran imbasnya nanti,” tuturnya.

Dikatakan Hasbi, saat ini surat suara tersebut dikirim melalui jalur udara agar lebih cepat. Setelah mendarat di Bandara Kualanamu, Sumatra Utara, kertas surat suara dikirim ke Abdya melalui jalur darat. “Dipastikan, kalau tidak hari ini, besok surat suara itu sudah sampai di Abdya,” sebutnya.

Anggaran yang digunakan untuk mencetak kembali kertas surat suara itu, bersumber dari APBK dengan jumlah lebih kurang Rp.65 juta. “Jumlah kertas surat suara yang dicetak itu sama dengan sebelumnya yakni 106.896, sudah termasuk jumlah DPT, tambahan dan cadangan,” tambah Hasbi.

Percetakan kertas surat suara dengan 9 Paslon ini, jangan disalah tafsirkan bahwa merupakan keinginan KIP Abdya. Setelah melakukan pertemuan dengan KPU RI di Jakarta, KIP Abdya diperintahkan untuk melakukan percetakan kertas surat suara 9 Paslon.

“KPU telah meminta kepada kami didampingi Sekretaris KIP Abdya untuk segera melakukan percetakan kertas surat suara 9 Paslon, mengingat proses pemilihan sudah sangat dekat,” demikian Hasbi. (Rizal)

To Top