Peristiwa

9-2-1946, Hari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)

ACEHTERKINI.COM | Persatuan Wartawan Indonesia selanjutnya dikenal dengan nama PWI adalah organisasi profesi wartawan pertama di Indonesia. Organisasi ini berdiri pada 9 Februari 1946 di Surakarta bertepatan dengam Hari Pers Nasional.

PWI beranggotakan wartawan yang tersebar di seluruh Indonesia. Saat ini PWI dipimpin oleh Margiono selaku ketua umum yang menjabat sejak 2013 hingga 2018.

Dilansir Wikepedia, Berdirinya organisasi PWI menjadi awal perjuangan Indonesia dalam menentang kolonialisme di Indonesia melalui media dan tulisan.

Sebelum didirikan, PWI membentuk sebuah panitia persiapan pada awal awal tahun 1946. Panitia persiapan tersebut dibentuk pada tanggal 9-10 Februari 1946 di balai pertemuan Sono Suko, Surakarta.

Pertemuan itu dihadiri oleh beragam wartawan, diantaranya adalah tokoh-tokoh pers yang sedang memimpin surat kabar, majalah, wartawan dan pejuang. Pertemuan tersebut menghasilkan dua keputusan, diantaranya adalah disetujui membentuk organisasi wartawan Indonesia dengan nama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan disetujuinya membentuk sebuah komisi.

Hari ini, PWI sudah berusia 71 tahun. Provinsi Maluku menjadi tuan rumah terselenggaranya HUT PWI sekaligus Hari Pers Nasional (HPN) yang bertemakan “Pers dan Rakyat Maluku Bangkit dari Laut”.

Dilansir antarasultra, rangkaian HPN 2017 di Kota Ambon diawali dengan beberapa kegiatan di antaranya, pembukaan pameran atau expo Hari Pers Nasional 2017, acara Talkshow IKWI, Seminar inovasi pelayanan publik dan akan diadakan Konferensi kerja nasional pengurus PWI pusat dan PWI daerah serta diskusi publik HPN.

Selain itu ada kegiatan bakti sosial IKWI, kegiatan menanam mangrov, workshop sekolah Jurnalistik Indonesia dan acara Konvensi nasional media massa terkait peluang dan tantangan dengan pembicara sejumlah menteri dan pemilik perusahaan media. [Red]

To Top