Sosial

36 Mahasiswa UIN Praktek Profesi di Abdya

ACEHTERKINI.COM | Sebanyak 36 mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Banda Aceh melaksanakan Praktek Profesi dan Kuliah Pengabdian Masyarakat (PPKPM) di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya).

Kedatangan sejumlah mahasiswa tersebut, disambut oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Abdya yang diwakili Asisten Pemerintahan Setdakab Abdya Drs Hanafiah AK di Aula Mesjid, Kantor Bupati setempat, Jumat (3/2/2017). Disamping itu juga turut hadir para Camat, Kepala Sekolah dan Kepala Desa (Keuchik) yang ditunjuk sebagai lokasi PPKPM.

Dalam kesempatan itu, Dr Saifullah MAg, mewakili Rektor UIN Ar-Raniry, didampingi koordinator PPKPM, Tabrani ZA MSi, menyampaikan, ucapan terimakasih kepada Pemkab Abdya yang telah bersedia menampung mahasiswa dari UIN untuk melakukan PPKPM.

Dimana mahasiswa ini nanti, selain melakukan pengabdian kepada masyarakat juga melaksanakan praktek profesi berupa terjun lansung untuk mengajar peserta didik di sekolah-sekolah lokasi penempatan.

Para mahasiswa UIN Ar-Raniry, Banda Aceh disambut Pemkab Abdya di Aula Mesjid Kantor Bupati setempat, Jumat (3/2) 

Saifullah berharap, para mahasiswa dapat memberikan kontribusi dan pengabdian kepada masyarakat, selama pengabdian, terus melakukan hal yang dapat bermanfaat bagi masyarakat.

“Kepada Pemkab Abdya dan pihak kecamatan, kami ucapkan terima kasih atas dukungan dan kerjasama untuk menyukseskan kegiatan PPKPM ini, mereka akan ditempatkan pada 3 kecamatan, yakni Lembah Sabil, Manggeng dan Jeumpa yang terdiri dari 5 desa (gampong). Selain itu, peserta PPKPM ini juga melakukan praktik profesi pada sekolah-sekolah sebagaimana telah ditentukan panitia, ” ungkapnya.

Untuk menghemat anggaran biaya yang dikeluarkan mahasiswa dan mahasiswi, lanjut Saifullah, pihaknya menggabungkan mata kuliah PPL dan KPM menjandi PPKPM. Dengan harapan, mahasiswa akan dapat menyelesaikan mata kuliah di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan ini selama 3,5 tahun. Sehingga mahasiswa tidak terlalu jenuh dengan dunia kampus.

“Jadi kuliah itu perlu bukti, bukan hanya tiori saja. Untuk itu pergunakanlah kesempatan ini dengan cermat untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat,” pesannya kepada para mahasiswa dan mahasiswi UIN di Aula Mesjid tersebut.

Sementara itu, secara singkat, Asisten Pemerintahan Setdakab Abdya, Drs Hanafiah AK, menyampaikan, kalau pihaknya bersama masyarakat sangat bahagia atas kepercayaan yang diberikan kepada Abdya sebagai lokasi kegiatan PPKPM mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry.

“Kepada peserta PPKPM diharapkan dapat segera beradaptasi dan berbuat yang terbaik demi masyarakat. Selain itu, mahasiswa juga bisa menjadi teladan dan dapat mencurahkan pengabdian kepada masyarakat, sehingga kehadiran peserta PPKPM benar-benar dirasakan manfaatnya bagi warga,” tuturnya.

Hanafiah menambahkan, bila seluruh mahasiswa peserta PPKPM dapat berbuat yang terbaik demi masyarakat, maka kehadiran mereka dalam kegiatan praktek profesi itu akan senantiasa dikenang sepanjang masa. Untuk itu, hendaknya mahasiswa dapat memperlihatkan kontribusi terbaik mereka demi kepentingan masyarakat banyak dan sekolah yang ditugaskan.

“Selamat beraktifitas, semoga apa yang akan dicita-citakan kedepan bisa tercapai, seiring dengan waktu yang terus berlalu,” demikian Hanafiah singkat. (Rizal)

To Top