Layanan Publik

2.933 Sekolah di Aceh Belum Terakreditasi

ACEHTERKINI.COM | Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI mencatat masih ada 2.933 sekolah di Provinsi Aceh dari berbagai jenjang mulai SD SMP SMA sederajat baik negeri maupun swasta belum terakreditasi.

Mengacu data Badan Akreditasi Nasional Sekolah – Madrasah Kemendikbud RI, Senin (6/2/2017), sekolah yang sudah terakreditasi di Aceh tercatat 3.105 sekolah SD-SMP sederajat baik negeri maupun swasta yang tersebar di 23 kabupaten kota di Aceh.

Misalnya di Kota Banda Aceh, SD Negeri yang belum terakreditasi tercatat 11 sekolah, yaitu SDN 23, SDN 28, SDN 29, SDN 34, SDN 35, SDN 37, SDN 47, SDN 58, SDN 71, SDN 61 dan SDN 8 Banda Aceh.

Kemudian Madrasah Ibtidaiyah (MI) Negeri yang belum terakreditasi sebanyak 9 sekolah, yaitu MIN Ulee Lheue, MIN Lambhuk, MIN Lhong Raya, MIN Merduati, MIN Mesjid Raya, MIN Rukoh, MIN Sukadamai, MIN Teladan dan MIN Ulee Kareeng.

Ilustrasi

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhajir Effendy mengatakan, masih banyaknya sekolah yang belum terakreditasi menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi pemerintah.

“hal yang perlu dipikirkan adalah cara agar sekolah ataupun madrasah bisa membiayai proses akreditasi. Kebijakan yang sama juga sudah diberlakukan pada proses akreditasi perguruan tinggi. Yang terpenting, Badan Akreditasi Nasional- Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) tetap bisa independen,” kata Muhajir Effendy dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) I Badan Akreditasi Nasional – Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) dan Badan Akreditasi Provinsi – Sekolah/Madrasah (BAP-S/M) Tahun 2017 di Tangerang Selatan, Minggu (5/2/2017) malam dikutip JPNN.

Muhadjir menegaskan, penilaian hasil akreditasi bukan hanya sebatas memberi label pada sekolah. Sebab, hal yang lebih penting adalah memperbaiki kualitas sekolah dan madrasah.

Karenanya Muhadjir mengharapkan program perencanaan dan pengembangan pada setiap satuan pendidikan bisa disesuaikan dengan hasil akreditasi. “Agar hasil akreditasi betul-betul sesuai dengan apa yang dibutuhkan untuk diperbaiki atau ditingkatkan oleh satuan pendidikan,” pungkasnya. [Red/jpnn]

Editor : Rahmatsyah

To Top