Sosial

159 TPS Abdya dinyatakan Rawan Satu

ACEHTERKINI.COM | Kapolres Aceh Barat Daya (Abdya), AKBP Hairajadi, Selasa (14/2) menyebutkan, suasana selama tahapan Pilkada di kabupaten tersebut masih tetap aman dan kondusif. Namun demikian, pihaknya tetap melakukan pemantauan dan pengawasan di 250 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar dalam 152 desa dan 9 kecamatan dalam Kabupaten Abdya.

159 TPS Abdya dinyatakan Rawan Satu

Hasilnya, Polres Abdya telah menetapkan lokasi TPS yang dianggap aman, rawan I dan rawan II. Ketiga kriteria lokasi TPS dimaksud akan mendapatkan pengamanan yang berbeda selama proses pemungutan suara berlangsung.

Dijelaskan, TPS yang anggap aman yakni daerah yang memang potensi pemicu kericuhan bisa dikatakan tidak ada, namun upaya pemantauan, pengawasan hingga pengamanan juga tidak terlepas. Untuk TPS yang  dikategorikan rawan I karena beberapa faktor, diantaranya karena tingginya angka kriminalitas, letak geografisnya yang jauh, serta daftar pemilih yang banyak.

“Sedangkan untuk TPS rawan II hanya satu titik, yaitu TPS yang berada di Lapas Kelas III Blangpidie di Desa Alue Dama Kecamatan Setia. Sebab pemilihnya merupakan para tahanan, jadi perlu pengamanan yang lebih berbeda dengan TPS lain. TPS dengan kategori aman sebanyak 90 TPS dan rawan I 159 TPS yang tersebar di seluruh wilayah Abdya,” paparnya.

Untuk TPS kategori aman pihaknya akan menempatkan satu personel polisi untuk dua TPS dan dibantu petugas Linmas sebanyak dua orang setiap TPS. Di TPS rawan I akan dijaga satu personel polisi untuk satu TPS dan dibantu petugas Linmas sebanyak dua orang setiap TPS.

Sedangkan untuk TPS rawan II akan ditempatkan dua personel polisi disatu TPS. Selain itu, di masing-masing TPS dengan jenis ketegori yang telah ditetapkan akan dibantu personel Brimob yang melakukan patroli, guna memastikan keamanan TPS selama proses pencoblosan hingga perhitungan suara.

“Ada 115 personel Brimob yang akan membantu mengamankan Pilkada di Abdya. Mereka akan melakukan patroli melintasi titik-titik TPS di Abdya. Sejauh ini situasi di Abdya aman terkendali. Semoga saja semua tahapan berjalan dengan lancar tanpa gangguan apapun,” imbuhnya. (Rizal)

To Top