Kesehatan

Program Pelayanan Kesehatan Lansia Aceh Jaya Pertama di Indonesia

ACEHTERKINI.COM | Ketua Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) Karisma Muda mengatakan program pelayanan kesehatan Lanjut Usia (Lansia) di Kabupaten Aceh Jaya adalah program inovatif yang pertama di Indonesia.

“Kami akan melakukan study kasus terhadap program tersebut untuk diadopsi oleh Pemerintah Pusat,” kata Karisma yang didampingi rekannya masing-masing Chandra Sugarda, Walia dan Abdul Haris saat mengunjungi Kabupaten Aceh Jaya, Senin (10/1/2017).

Bupati Aceh Jaya, Azhar Abdurrahman Sedang Menjelaskan Program Inovatif “Gerbang Raja” kepada Ketua TNP2K, Karisma Muda, Senin (10/1/2017)

Kunjungan Tim PNP2K tersebut kata dia, untuk mengetahui berbagai program inovatif Pemerintah Aceh Jaya sebagai program untuk di adopsi menjadi program Pusat pemerintah RI dalam rangka percepatan penanggulangan kemiskinan tingkat nasional.

Karisma Muda manambahkan Tim TNP2K ingin melaksanakan study kasus terhadap program inovatif pemerintah kabupaten aceh jaya terutama program Pelayanan Kesehatan Lansia, yang merupakan program pertama di Indonesia.

Sementara itu Bupati Aceh Jaya, Azhar Abdurrahman menjelaskan lahirnya program Pelayanan Kesehatan Lansia tersebut awalnya karena sering mengunjungi masyarakat, dan langsung berhadapan dengan Lansia sehingga menyarankan kepada SKPK terkait untuk mendapat jumlah Lansia di Aceh Jaya.

“Kemudian setelah mendapat data yang akurat, Pemerintah Aceh Jaya memberikan bantuan terima kasih kepada Lansia sebesar Rp200 ribu setiap tiga bulan sekali,” ujar Azhar.

Lebih lanjut, Azhar mengatakan perhatian kepada Lansia juga diberikan makanan tambahan dan juga pengecekan kesehatan melalui Posyandu Lansia.

“Tidak hanya Bantuan Aslurati Lansia saja, Pemerintah Aceh Jaya juga memiliki program inovatif  yang dikenal dengan istilah “Gerbang Raja” seperti bantuan Raskin dan listrik gratis kepada masyarakat miskin, bantuan pendampingan kesehatan, penangulangan angka kematian ibu hamil dan bayi, beasisiwa Aceh Jaya cerdas, Malem Dagang dan pembangunan dapur sehat Pesantren /Dayah yang mondok,” kata Azhar. [Red]

To Top