Hukum

Polres Abdya Ciduk 3 Pelaku Pencurian di Swalayan Blangpidie

ACEHTERKINI.COM | Tiga orang tersangka pencurian berhasil dibekuk pihak Polres Aceh Barat Daya (Abdya) setelah melancarkan aksinya pada sejumlah swalayan yang berada di wilayah Kota Blangpidie, Kabupaten Abdya, Kamis (26/1/2017) sore sekitar pukul 17.00 WIB.

Dari tiga tersangka itu, satu diantaranya merupakan sorang perempuan berinisial ADN (21) warga Medan Cemara, Sumatra Utara. Duanya lagi merupakan laki-laki berinisial Ri (29) warga Kota Medan dan RA (36) warga Desa Teluk Jambi, Kerawang, Jawa Barat.

“Saat ini ketiga tersangka sudah diamankan di Mapolres Abdya guna penyidikan lebih lanjut, sementara satu orang tersangka berinisial Rs berhasil kabur dan masih buron,” kata Kapolres Abdya AKBP Hairajadi SH melalui Kasat Reskrim AKP Misyanto, Jumat (27/1/2017).

Tiga tersangka pencurian barang swalayan Blangpidie ditahan di Mapolres Abdya,,Jumat (27/1)

Kronologisnya, lanjut Misyanto, dalam melancarkan aksinya, Ri dan RA bertugas mengambil barang didalam swalayan, sementara ADN bertugas mengalihkan perhatian kasir yang sedang berjaga didepan kamera CCTV. Namun, aksi mereka tersebut dapat diketahui setelah mencuri barang di swalayan lainnya pada pukul 17.00 WIB sore tepatnya dilokasi Jalan Nasional, Desa Kuta Tuha, Blangpidie.

“Setelah berteriak maling, salah satu personel kita yang sedang melintas dilokasi itu lansung mengejar tersangka yang berusaha kabur menggunakan kendaraan roda empat menuju arah Tapaktuan,” terangnya.

Tersangka berusaha kabur menggunakan mobil toyota rush dengan nomor polisi BK 1240 IQ. Akan tetapi aksi kejar-kejaran tersebut tidak berlansung lama, karena tepatnya di Desa Alue Dama, Kecamatan Setia, Sat Lantas Polres Abdya sedang menggelar razia rutin. “Jadi petugas Lantas langsung menahan tersangka berikut dengan barang curian dari masing-masing swalayan,” ungkap Misyanto.

Dikatakan Misyanto, dalam satu hari, para tersangka berhasil mencuri barang di tiga lokasi swalayan yang berbeda. Sekitar pukul 09.00 WIB mereka berhasil mengambil sejumlah barang pada swalayan di Jalan Nasional, Desa Geulumpang Payong. kemudian pada siangnya juga berhasil mengelabui pihak karyawan pada swalayan lainnya didesa yang sama. “Pas yang ketiga kalinya, aksi mereka dapat diketahui oleh salah satu karyawan di swalayan Desa Kuta Tuha, yang berhasil ditangkap oleh pihak kepolisian,” tuturnya.

Aksi pencurian itu bukanya dilakukan di Abdya saja, akan tetapi juga sudah sering dilakukan di wilayah Medan dan sekitarnya, bahkan di Kabupaten Aceh Selatan. “Tersangka beserta kendaraan yang ditumpangi tersangka juga barang bukti sudah kita amankan. Sementara satu tersangka lainnya masih buron,” jelas Misyanto lebih lanjut.

Kepada tersangka, akan dikenakan pasal 363 junto 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. (Rizal).

To Top