Sosial

Nasaruddin : Aceh Miskin karena Minimnya Infrastruktur

ACEHTERKINI.COM | Angka kemiskinan di Aceh tahun 2016 adalah 16,43 persen. “Kantong kemiskinan di Aceh berada di pedalaman,” kata Nasaruddin, Calon Wakil Gubernur Aceh, pada rapat Kerja Wilayah Muhammadiyah Se- Aceh, Sabtu (14/01/2017).

Kemiskinan di Aceh kata Nasaruddin disebabkan minimnya infrastruktur jalan dan jembatan. Kemudian nelayan yang belum mandiri karena masih terikat dengan pemilik modal. “Terbatasnya sarana pendukung untuk petani seperti irigasi dan modal usaha juga salah satu penyebab kemiskinan di Aceh,” ujar Bupati Aceh Tengah (cuti Pilkada).

Nasaruddin 

Untuk mengurangi kemiskinan, ia mengatakan diperlukan pembangunan dan peningkatan jalan-jalan dan jembatan di daerah pedalaman Aceh, seperti di Aceh Tamiang, Aceh Timur, Aceh Utara, Bener Meriah, Aceh Tengah, Gayo Lues, Aceh Barat Daya, Nagan Raya dan Kabupaten lainnya.

“Program ini akan dapat mendorong masyarakat mengembangkan usaha tani karena membaiknya pasar atau harga komoditi pertanian,” katanya.

Berikutnya Nasaruddin mengatakan perlu memberikan perhatian khusus kepada Nelayan, dalam bentuk bantuan peralatan tangkap, modal kerja dan peningkatan keterampilan. Hal ini akan berpengaruh kepada peningkatan pendapatan Nelayan.

Selanjutnya, pembangunan jaringan irigasi sampai ke petakan sawah yang memungkinkan petani dapat memanfaatkan lahan sawahnya secara maksimal bukan saja untuk komoditi padi, tetapi bisa didiversifikasikan dengan komoditi lain seperti palawija, sayuran, ikan dan ternak, ini akan berdampak kepada peningkatan pendapatan petani sawah.

Pembangunan industri pengolahan hasil komoditi yang dihasilkan di Aceh baik tanaman, ternak dan ikan menurut Nasaruddin perlu dilakukan pengolahannya di Aceh dengan tidak lagi dijual dalam bentuk mentah ke luar daerah. [Red]

Editor : Firman

To Top