Sosial

Mengenal Wakil Gubernur GAM Meureuhom Daya, Siapa Abu Yus …

ACEHTERKINI.COM | Abu Yus, ia sangat dikenal oleh pejuang Gerakan Aceh Merdeka (GAM) wilayah Meureuhom Daya saat itu masih Kabupaten Aceh Barat. Pria kelahiran Datar Luas, Krueng Sabee itu bergabung dengan GAM sejak 1996. Abu Yus dikenal dengan sosok yang tegas dan bijaksana dalam mengambil keputusan.

Usianya yang ke – 37, ia mulai memegang senjata dan bergerilya bersama teman-temannya dalam hutan di Aceh Barat. Saat itu Abu Yus menjabat sebagai Wakil Gubernur GAM Wilayah Meureuhom Daya.

Tgk. Yusri Sofyan (Abu Yus)

Tugas mulia dan beban dalam perjuangan memang tidak bisa dibilang ringan, tapi kebersamaan dan kekompakkan membuat segalanya menjadi lebih mudah untuk dijalaninya. Dalam perjuangan bisa dikatakan “Udep saree matee syahid, sikrek gaphan saboh keureunda” (red-hidup damai atau mati syahid, secarik kain kafan satu keranda).

Nama lengkapnya adalah Tgk. Yusri Sofyan. Dalam memimpin pasukan, ia sangat tegas dan selalu memberikan solusi dan kritik dalam menyelesaikan masalah. Begitulah sepenggal kisah suami Murni itu dalam perjuangan Gerakan Aceh Merdeka (GAM).

Pasca penandatanganan Perdamaian Aceh dalam MoU Helsinki, ia tidak lagi berjuang dengan senjata melainkan perjuangan secara politik untuk mendapatkan kemerdekaan akan kesejehteraan dan keadilan bagi rakyat Aceh khususnya bagi masyarakat Aceh Jaya yang baru 15 tahun dimekarkan dari Aceh Barat. (2002 – 2017).

“Merdeka dalam NKRI” baru saja dirasakan eks GAM saat itu. Abu Yus dipercayakan sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Kabupaten Aceh Jaya dari Partai Aceh, 2009 – 2014. Ia sangat peka terhadap semua keluhan dan harapan masyarakat Aceh Jaya.

Keberhasilan atas kinerja yang diraihnya saat menjadi anggota DPRK Aceh Jaya itu membuat karirnya menjadi gemilang. Bupati Aceh Jaya, Azhar Abdurrahman mengangkat Tgk Yusri S sebagai Kepala Baitul Mal Aceh Jaya (2016) yang akan banyak berhadapan dengan masyarakat, sumber daya dan asset daerah.

Tgk. Yusri Sofyan bersama Istri

“Saya seorang yang pernah menjadi rakyat biasa, oleh sebab itu ketika saya memperoleh jabatan, saya tau apa keinginan dan kebutuhan daerah dan rakyatnya, telinga seorang pemimpin harus peka dengan suara orang lain,” ujar Tgk. Yusri saat bersama acehterkini, Senin (9/1/2017). 

Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Aceh Jaya 2017 mendatang, Partai Aceh mempercayakan Tgk. Yusri S maju sebagai Calon Wakil Bupati Aceh Jaya yang akan mendampingi T. Irfan TB.

“Saya siap memberikan yang terbaik kepada masyarakat dan membantu T. Irfan TB melanjutkan pembangunan Aceh Jaya,” kata Abu Yus.

Kini masyarakat Aceh Jaya menaruh harapan besar kepada Calon Bupati Aceh Jaya yang diusung dari Partai Aceh itu. Semoga 60.672 pemilih di Aceh Jaya memilih pasangan nomor urut (1) menjadi Bupati Aceh Jaya untuk periode 2017 – 2022. Semoga….[Adv]

Profil :

Nama    :  Tgk. Yusri Sofyan
Tempat / Tanggal Lahir : Datar Luas, 01/07/1961
Alamat  : Dusun Subur Desa Datar Luas, Kecamatan Krueng Sabee, kabupaten Aceh Jaya

Pendidikan
SDN 2 Krueng Sabee (1979)  
MTsN Dayah Darul Ulum Tanoh Mirah Kecamatan Peusangan Kabupaten Aceh Utara (1982)
MAN Dayah Darul Ulum Tanoh Mirah Kecamatan Peusangan Kabupaten Aceh Utara (1985)

Organisasi
Wakil Gubernur GAM Meureuhom Daya 1998
DPRK Aceh Jaya 2009-2014
Calon Anggota DPRA  2014
Kepala Baitul Mall Aceh Jaya 2016

To Top