Teknologi

Mengenal SEO dan Internet Marketing

Mengenal SEO dan Internet Marketing

ACEHTERKINI.COM | Search Engine Optimization (SEO) adalah teknik Web-marketing yang sangat powerful dan memiliki jangkauan yang sangat luas. Prosesnya adalah untuk meningkatkan visibilitas web atau halaman web di halaman hasil pencarian mesin pencari seperti Google.

Apa itu SEO dan Bagaimana Cara Kerja SEO?

Secara sederhana SEO (Search Engine Optimization) dapat dijelaskan sebagai berikut; yaitu cara-cara yang dilakukan dan diterapkan kepada sebuah web atau halaman web agar terlihat di halaman satu dan nomor urut satu di halaman hasil pencarian mesin pencari seperti Google.

Ilustrasinya adalah ketika seseorang mencari sesuatu dengan mengetikkan kata atau beberapa kata yang ada relevansinya dengan isi website kita di kolom pencarian Google maka web kita akan ditampilkan di halaman satu dengan nomor urut satu di halaman hasil pencarian.

Biasanya pengguna internet selalu memiliki asumsi situs web yang terlihat paling atas atau nomor satu di halaman satu hasil pencarian Google adalah yang terbaik, dan pengguna internet cenderug untuk mengunjungi situs web paling atas atau nomor satu. Karena mereka beranggapan bahwa situs web nomor satu di halaman hasil pencarian mereka adalah yang relevan dengan apa yang mereka cari.

Urutan situs-situs yang terlihat di halaman hasil pencarian mesin pencari mulai dari 1 2 3 dan seterusnya itu disebut dengan ranking, dan yang terbaik menurut Google adalah yang nomor satu.

Lalu apa untungnya sebuah situs web memiliki ranking satu di halaman hasil pencarian? Jawabannya tentu lalu lintas pengunjung ke situs web yang tinggi. Selain mendapatkan promosi situs secara gratis dari pencarian alami Google,  situs yang berada di posisi satu halaman satu hasil pencarian  tentunya akan kebanjiran pengunjung, dengan demikian akan mudah bagi setiap pemilik sebuah situs untuk memonetasi atau menguangkan situs mereka.

Pertanyaannya bagaimana caranya agar situs web kita dapat menempati rangking satu? Nah inilah pekerjaan SEO sesungguhnya.

Hubungan antara Search Engine Optimization dan Internet Marketing

Internet Marketing sendiri merupakan strategi yang dijalankan dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan barang atau jasa melalui sebuah web atau internet.

Dari persepsi SEO sendiri meningkatkan visibilitas sebuah web di halaman hasil pencarian melalui Google jauh lebih efektif dan akan sering dikunjungi audiens.

SEO juga menggunakan teknik-teknik yang dikenal dengan link balik (back link). Link balik bila diilustrasikan dalam dunia offline adalah referensi dari pihak ketiga kepada barang atau jasa yang kita jual. Semakin kredibel pihak ketiga yang mereferensikan barang kita maka akan semakin meningkat penjualan yang kita dapatkan.

Situs-situs yang memiliki link balik dari situs-situs terkemuka dianggap paling berkualitas oleh Google dan akan selalu memperoleh rangking yang bagus di halaman hasil pencarian.

Dalam kebanyakan kasus pelanggan tidak langsung membeli barang atau jasa yang dijual, melainkan telah memperoleh referensi yang bagus tentang apa yang ingin mereka beli. Apa lagi didukung komunikasi yang baik dari pihak penjual.

Apakah SEO masih relevan digunakan saat ini?

Banyak orang membuat konten dengan topik yang berbeda-beda dan ide-ide tertentu dengan tujuan utama untuk menjangkau lebih banyak pelanggan, dan SEO adalah cara terbaik untuk menyampaikan pesan-pesan tersebut.

Kebanyakan pengguna internet mengunjungi situs-situs terpercaya yang memiliki apa yang mereka inginkan dan ini akan sangat membantu para penjual untuk meningkatkan lebih banyak penjualan.

SEO tidak semata-mata tentang pencarian.

Di bidang marketing SEO jauh lebih dibutuhkan untuk mempromosikan perdagangan dan menjangkau lebih banyak calon pelanggan tidak hanya ditingkat lokal dan Nasional bahkan Internasional

SEO sangat membantu penulis artikel dan pemilik blog untuk meningkatkan lalu lintas ke blog atau website mereka dengan cara meningkatkan kualitas konten atau artikel dengan membuat informasi yang lebih relevan.

Tool SEO

Berikut ini beberapa tool SEO terbaik untuk digunakan:

Tool untuk riset kata kunci yang akan digunakan dalam website atau halaman web:

Keyword Checker – Untuk mengetahui peringkat sebuah situs di halaman hasil pencarian Google berdasarkan kata kunci tertentu
Similar page checker – Tool ini digunakan untuk mendeterminasi kesamaan atau kemiripan antara dua buah situs atau halaman web

Backlink Builder – Digunakan untuk mencari situs dengan tema yang diinginkan yang berisi kata-kata kunci atau frasa untuk ditambahkan link balik ke situs kita seperti menambahkan URL, situs dan lain-lain dan sebagian besar hasilnya bisa menjadi backlink yang bagus.

Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat mengunjungi situs web kami di Belajar SEO

To Top