Layanan Publik

KIP Abdya Terima 104.896 Lembar Kertas Surat Suara

ACEHTERKINI.COM | Logistik Pilkada untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh, Bupati dan Wakil Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Tahun 2017 berupa kertas surat suara telah tiba di Gudang Logistik Sekretariat Komisi Independen Pemilihan (KIP) setempat pada Kamis (26/1/2017) pagi.

Kertas surat suara itu tiba dengan menggunakan mobil Truck Box Cold Diesel Center dari kantor Pos Medan, Provinsi Sumatra Utara yang dijemput langsung oleh Sekretaris KIP Abdya Hermi Suherdi, Ketua Panwaslih Abdya Ismail, 3 orang Staf KIP Abdya dan Kasat Intelkam Polres Abdya Iptu Awafi yang dikawal 2 personel Satuan Brimob.

Sekretaris KIP Abdya Hermi Suherdi Menerima Logistik Pilkada 2017 berupa Kertas Surat Suara 

Dalam berita acara disebutkan bahwa, kertas surat suara untuk Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh berjumlah 70 dus dengan jumlah keseluruhan surat suara sebanyak 104.896, dari total tersebut, KIP Abdya baru terima jumlah surat suara bedasarkan jumlah data pemilih tetap (DPT) Abdya sebanyak 102.338 dan surat suara cadangan sebanyak 2.558 lembar.

Sementara untuk kotak suara tambahan sebanyak 2.000 lembar hingga saat ini masih dilakukan koordinasi dengan KIP Aceh.

Sementara itu, untuk Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Abdya berdasarkan berita acara, berjumlah 55 koli yang berisikan 106.896 kertas surat suara. Masing-masing, 52 koli berisi total DPT Abdya yakni sebanyak 102.338 lembar. Kemudian 1 koli surat suara tambahan sebanyak 2000 lembar. Selanjutnya 2 koli surat suara cadangan sebanyak 2.558 lembar.

Sekertaris KIP Abdya Hermi Suherdi mengatakan, saat ini pihak KIP Abdya belum bisa membuka dan memeriksa kotak kertas surat suara maupun tinta Pilkada untuk pemilihan Calon Gubernur-Wakil Gubernur Aceh dan Bupati-Wakil Bupati Abdya.

Pasalnya, masih ada permasalahan terkait Paslon Kandidat Bupati-Wakil Bupati nomor urut 4, H. Said Syamsul Bahri-Drs. H. M. Nafis A Manaf dalam tahap menunggu putusan Makamah Agung (MA) terkait permasalahan dua surat dukungan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

“Jadi, untuk sementara logistik Pilkada itu masih kita simpan di gudang logistik kantor KIP Abdya. Jika sudah ada putusan dari MA mengenai Paslon nomor urut 4, baru akan kita buka dan kita periksa,” tutur Hermi singkat.

Diinformasikan, proses penjemputan kertas surat suara oleh KIP Abdya yang diserahterimakan dari KIP Aceh Selatan berjalan dengan aman dan tidak mengalami suatu hambatan, namun perlu dilakukan pengamanan extra oleh aparat keamanan terhadap gudang logistik KIP Abdya mengingat masih adanya permasalahan polemik salah satu paslon Bupati Abdya. (Rizal)

To Top