Layanan Publik

KIP Abdya Baru Lipat Surat Suara Paslon Gubernur

ACEHTERKINI.COM | Sekretariat Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten  Aceh Barat Daya (Abdya), baru melipat surat suara untuk Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh. Sementara, untuk Paslon Bupati dan Wakil Bupati Abdya belum dilakukan pelipatan karena menunggu hasil kelanjutan jumlah Paslon di Abdya yang hingga saat ini belum ada kejelasan.

Pasca dilakukan pencoretan terhadap Paslon Nomor Urut 4 Said-Nafis oleh KIP Aceh atas arahan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Maka jumlah Paslon Kandidat Bupati dan Wakil Bupati di Abdya masih ngambang. Dimana, Kubu Paslon Nomor Urut 4 masih dalam proses sidang di Makamah Agung (MA), Jakarta.

Pelipatan Surat Suara Pasangan Calon Gubernur Aceh di KIP Abdya [Rizal]

Amatan dilapangan, Senin (30/1/2017) pihak Sekretariat KIP Abdya mulai melakukan pelipatan surat suara untuk Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh periode 2017-2022 di Aula Kantor KIP setempat. Dalam proses pelipatan itu, turut dikawal oleh Brimob dan Kepolisian setempat.

Salah seorang Komisioner KIP Abdya, Hasbi mengatakan, kalau proses pelipatan surat suara itu akan selesai dalam waktu selama tiga hari kedepan. Namun, bisa saja waktunya ditambah, tergantung kecepatan pelipatan yang dilakukan petugas.

Hasbi menyebutkan, surat suara untuk Paslon gubernur sebanyak 70 kotak. Dalam 1 kotak berjumlah 1500 lembar dengan total 104.896. Dari total tersebut, KIP Abdya baru terima jumlah surat suara bedasarkan jumlah data pemilih tetap (DPT) Abdya 102.338 dan surat suara cadangan sebanyak 2.558 lembar. Sementara untuk kotak suara tambahan sebanyak 2.000 lembar hingga saat ini masih dilakukan koordinasi dengan KIP Aceh.

“Untuk proses pelipatan, kita tidak merekrut petugas dari luar. Akan tetapi yang kita gunakan tenaga staf dan karyawan internal sebanyak 19 orang,” demikian sebutnya singkat. (Rizal)

To Top