Teknologi

Indonesia akan Hadapi Serangan Ransomware Lokal

ACEHTERKINI.COM | Memasuki tahun 2017, ESET sesuai tradisinya memberikan prediksi tentang tren siber yang akan terjadi setiap tahun, yaitu gambaran tentang masa depan dunia siber di Indonesia.

Dalam prediksi tahunan kali ini ESET telah mengumpulkan berbagai data riset dan penelitian mandiri tentang perkembangan kejahatan siber yang setelah ditelusuri secara mendalam menunjukkan progres yang tidak menguntungkan untuk dunia digital Indonesia.

Indonesia akan Hadapi Serangan Ransomware Lokal

Indonesia salah satu negara dengan rata-rata traffic internet berbahaya paling tinggi di dunia dalam beberapa tahun terakhir, sekitar 38 persen dari seluruh traffic di dunia berasal dari Indonesia. Ini menunjukkan tingkat konektivitas dan penggunaan yang sangat tinggi.

Dan yang paling mengkhawatirkan baru-baru ini ditemukan dalam sebuah forum teknologi
berbahasa Indonesia di internet, panduan dasar pembuatan ransomware disebar bebas dan bisa dimiliki oleh siapa pun, ini artinya ke depan baik individu ataupun perusahaan di Indonesia akan mendapat banyak ancaman serangan ransomware lokal.

Penggunaan ransomware oleh penjahat siber sebagai salah satu ancaman paling mendesak yang dihadapi perusahaan dan organisasi di seluruh dunia. Tulisan tentang “create your own” atau “buat sendiri” ransomware di sebuah forum cyber Indonesia dalam bahasa Indonesia menjadi sinyalemen atau lonceng peringatan peningkatan ancaman oleh ransomware Indonesia di seluruh wilayah Indonesia.

Seiring perkembangan teknologi, ransomware yang awalnya berupa software yang digunakan untuk edukasi keamanan siber, mengalami pergeseran tujuan. Beberapa orang melihat celah untuk mendapatkan keuntungan finansial, kejahatan siber kini perlahan berubah menjadi Crimeware as a Service.

Modus ini melibatkan pengembang malware yang memanfaatkan forum dan pasar gelap untuk menjual malware ke kelompok cybercriminal yang memiliki botnet atau jaringan distribusi mereka sendiri, atau menyewa dari provider lain. Demikian siaran tertulis PT. Prosperita – ESET Indonesia. [Adv]

To Top