Peristiwa

Hujan Awal Tahun, Lima Kabupaten di Aceh Banjir

ACEHTERKINI.COM | Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat menyebabkan lima kabupaten di Provinsi Aceh tergenang banjir. Kejadian ini mulai berlangsung sejak Selasa, 3 Januari 2017 sampai hari ini, Kamis (5/1/2017).

Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Henny menyebutkan laporan yang diterima BPBA baru ada lima kabupaten yang diterjang banjir yaitu, Pidie Jaya, Aceh Singkil, Aceh Timur, Aceh Barat dan Aceh Jaya.

“Laporan yang sudah ada yaitu Pidie Jaya, Aceh Timur, Aceh Barat, Aceh Jaya dan Aceh Singkil,” kata Henny, Kamis (5/1/2017).

Hujan Awal Tahun, Lima Kabupaten di Aceh Diterjang Banjir
Banjir di Teunom, Aceh Jaya [Foto : Arif]

Untuk penanggulangan banjir di daerah-daerah tersebut, BPBA masih melakukan pendampingan dan pemantauan. “Sampai saat ini masalah logistik masih bisa diatasi oleh masing-masing daerah, belum ada daerah yang minta logistik ke provinsi,” kata Henny menambahkan.

Banjir yang melanda Kecamatan Meureudu dan Kecamatan Meurah di Kabupaten Pidie Jaya sejak Rabu (4/1/2017) sudah mulai berangsur surut. Banjir ini disebabkan karena hujan deras sehingga Krueng Meureudu meluap.

Kemudian sembilan kecamatan di Aceh Timur juga dilaporkan banjir. Henny mengatakan ada 6.799 Kepala Keluarga di 68 desa yang terkena dampak banjir sejak Selasa (3/1/2017). Banjir paling parah terjadi di Kecamatan Julok, Nurussalam, Indra Makmur dan Kecamatan Ranto Peureulak.

Kemudian banjir yang menerjang Kabupaten Aceh Singkil pada Rabu (4/1/2017) itu terjadi di Kecamatan Gunung Meriah dan Singkil. BPBA menyebutkan banjir di Aceh Singkil hanya melanda Desa Teluk Rumbia, Rantau Gedang dan Desa Solok.

Hujan Awal Tahun, Lima Kabupaten di Aceh Diterjang Banjir
Banjir di Aceh Barat [Pusdalops Aceh Barat]

Di Aceh Barat, banjir terjadi di Kecamatan Johan Pahlawan, Meureubo, Sungai Mas, Woyla Timur, Woyla Barat, Woyla dan Arongan Lambalek. “Data sementara 2.222 Kepala Keluarga di 32 desa terkena dampak dari bencana tersebut, paling parah di Kecamatan Woyla Barat dan Woyla Timur,” ujar Henny.

Kemudian banjir di Aceh Jaya terjadi pada Kamis (5/1/2017) dini hari tadi yang mengakibatkan 27 desa di Kecamatan Teunom, Pasie Raya dan Krueng Sabee tergenang air. BPBA menyebutkan data sementara ada 3.454 Kepala Keluarga terkena dampak dari musibah tersebut.

Semua kondisi di daerah-daerah itu masih bisa ditangani oleh masing-masing kabupaten.

Hujan Awal Tahun, Lima Kabupaten di Aceh Diterjang Banjir
Banjir di Aceh Barat [Pusdalops Aceh Barat]

Secara terpisah, informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Aceh menyebutkan kondisi cuaca di Aceh hingga Minggu, 8 Januari 2017 masih hujan dengan intensitas sedang dan lebat.

Prakirawan BMKG Aceh, Suyitno TA, Ah.MG menyebutkan hujan sedang hingga lebat dapat terjadi di wilayah Calang, Meulaboh, Blangpidie, Banda Aceh, Sabang, Aceh Utara, Nagan Raya, Aceh Singkil hingga Minggu (8/1/2017).

BMKG Aceh juga memperkirakan potensi tinggi gelombang hingga 3,5 meter di perairan Sabang – Banda Aceh dan perairan Simeulue dan Meulaboh hingga pekan depan. [Firman]

To Top