Ekonomi

GM PLN : ADB dan World Bank Bantu Rp1,3 Triliun untuk Listrik Aceh

ACEHTERKINI.COM | General Manager, PLN Aceh Bob Saril mengatakan investasi di sector listrik di Aceh pasca tsunami sudah mencapai Rp900 miliar untuk membangun peralatan listrik yang rusak. Tahun depan Asian Developmen Bank (ADB) dan World Bank akan melakukan investasi listrik di Aceh.

Hal itu dikatakannya dalam Diskusi Publik “Kupas Tuntas Kelistrikan Aceh” di Auditorium FKIP Unsyiah yang digagas oleh Ikatan Alumni Teknik Elektro Unsyiah, Senin (30/1/2017).

GM PLN Aceh, Bob Saril

Bersama nara sumber lain dari Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Aceh dan Asisten Pemerintahan Kota Banda Aceh, GM PLN Aceh mengatakan Asian Development Bank (ADB) dan World Bank akan melakukan investasi untuk listrik Aceh sebesar Rp1,3 triliun di tahun mendatang.

“Pokoknya untuk Aceh, tidak ada istilah rugi. Tapi tantangan ke depan yang dialami PLN adalah masalah perizina,” ujarnya dalam acara itu.

Lebih lanjut ia juga menjelaskan tantangan pembangunan infrastruktur kelistrikan di Aceh ada tiga penyebab, pertama disebabkan banyaknya pohon-pohon tumbang di sekitar jaringan PLN.

“Masalah tumbang pohon ini sering menganggu jaringan listrik dan dapat menyebabkan daya kejut sehingga membahayakan nyawa manusia, oleh karenanya demi menyelamatkan langsung kita lakukan pemadamam,” katanya.

Penyebab kedua katanya adalah relatif kecil dari prilaku hewan dan penyebab ketiga karena pembangunan listrik pasca tsunami sangat cepat dan kini sudah dilakukan pemugaran. [Edi]

To Top