Sosial

Gerak Aceh Curiga Pengesahan APBA 2017 Sarat Kepentingan

ACEHTERKINI.COM | Proses pengusulan anggaran dalam APBA 2017 oleh sejumlah pihak dengan total anggaran sebesar Rp650 milyar yang ditempatkan disejumlah SKPA patut diduga adanya adanya permainan dan kepentingan pihak-pihak tertentu untuk meraup keuntungan pribadi atau kelompok. Gerak Aceh curiga pengesahan APBA 2017 yang diduga dengan sarat kepentingan.

“Mekanisme dan tata cara pengusulan kegiatan hibah dan bansos ini menunjukan adanya pola kemiripan yang sama sebagaimana kasus Rp650 Milyar yang pernah terjadi atas alokasi APBA 2013, dimana tatacara dan mekanisme pengusulan paket dan kegiatan ini sangat erat kaitanya atas nama usulan untuk hibah dan bansos bagi kepentingan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Koordinator Gerak Aceh, Askhalani dalam keterangan tertulisnya, Senin (30/1/2017).

Askhalani, Koordinator Gerak Aceh

Berdasarkan hasil kajian dan analisis anggaran oleh GeRAK Aceh terhadap dokumen dan usulan anggaran yang ditempat dalam sejumlah SKPA patut dicurigai bahwa aktivitas ini sebagai salah satu modus untuk “bancakan” kepentingan.

Pengusulan anggaran hibah dan bansos atas nama kepentingan masyarakat ini dilakukan dengan mengusulkan melalui mekanisme atas nama “aspirasi” publik yang kemudian ditempatkan dalam 14 SKPA.

Dari hasil temuan GeRAK Aceh, ditemukan bahwa ada 14 SKPA yang menampung paket usulan kegiatan ini, total paket yang diusulkan diakhir pembahasana KUA PPAS adalah sebanyak 119 paket kegiatan, pengusulan paket kegiatan ini patut dicurigai dan memiliki hirarki kepentingan untuk logistik Pemilukada pada tanggal 15 Februari 2017.

Gerak Mendesak PLT Gubernur Aceh berani melawan terhadap adanya kegiatan yang merupakan usulan paket “siluman” serta konsisten. Kepada Mendagri, Gerak Aceh juga mendesak untuk melakukan kajian serta evaluasi secara menyeluruh terhadap usulan dan kegiatan yang ditampung dalam APBA 2017. [Red]

Editor : Firman

To Top