Layanan Publik

Diakhir Pemerintahan Jufri, 520 Pejabat Abdya dilantik, 19 pejabat Nonjob

ACEHTERKINI.COM | Diujung masa kepemerintahan Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Jufri Hasanuddin, sebanyak 520 pejabat esalon II, III dan IV dilantik dan dikukuhkan kembali dalam acara pelantikan di Halaman Kantor Bupati Abdya, Jumat (6/1/2017).

Meski dalam suasana hujan, proses pelantikan yang dimpimpin Plt Sekda Abdya Drs Thamren itu cukup tertib. Sejumlah pejabat yang dilantik nampak berbaris dibawah tenda sesuai dengan posisi jabatannya masing-masing.

Dari ratusan pejabat yang dikukuhkan dan dilantik tersebut, sebanyak 30 orang merupakan jabatan eselon II setingkat Staf Ahli, Asisten, Kepala Dinas, Badan dan Kantor. Pelantikan dan pengukuhan itu tertuang dalam Surat Keputusan Bupati Abdya Nomor 614 Tahun 2016 tanggal 30 Desember 2016.

Diakhir Pemerintahan Jufri, 520 Pejabat Abdya dilantik, 19 pejabat Nonjob
Para pejabat di Abdya disumpah dalam acara pelantikan dan pengukuhan yang berlansung dihalaman Kantor Bupati setempat, Jumat (6/1/2017).

Kemudian sebanyak 139 orang merupakan esalon III setingkat Sekretaris, Kabag, Kabid dan Camat sesuai dengan SK Bupati Nomor 615 tahun 2016. Sementara untuk esalon IV yang berjumlah 351 setingkat jabatan Kasubbag, Kasubbid dan Kasi dilantik dalam waktu yang terpisah.

Selain dilantik juga ada pejabat yang diberhentikan (Nonjob) dari jabatan eselon II sebanyak 4 orang. Sementara dari eselon III sebanyak 15 orang.

Setelah mengambil sumpah para pejabat, Plt Sekda Thamren dalam amanat Bupati Abdya Jufri Hasanuddin menyampaikan dengan terbitnya Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah, serta dibentuknya Qanun Nomor 8 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Kabupaten Abdya, maka diperlukan kembali penataan jabatan pimpinan tinggi (JPT) Pratama dan Jabatan Administrator di lingkungan Pemkab Abdya.

“Oleh karenanya, hari ini kami melantik dan menata kembali JPT Pratama dan Jabatan Administrator agar tugas-tugas daerah tidak terhambat dan dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya. Kami merasa perlu untuk menempatkan kembali para pejabat ini sesuai dengan kompetensinya masing-masing, dalam rangka penyegaran serta memberi keseimbangan diantara unit kerja,” kata Plt Sekda Thamren.

Pengukuhan dan Pelantikan ini merupakan suatu keputusan yang harus diimplementasikan guna memenuhi berbagai tuntutan, tantangan dan kebutuhan yang berkembang pada internal pemerintah sendiri dalam memberikan pelayanan dan juga tuntutan dari luar sistem birokrasi yaitu kondisi masyarakat yang berkembang begitu cepat dengan dinamika sosialnya, sehingga menuntut lembaga pemerintah untuk mampu memberikan respon dengan cepat dan tepat.

“maka dari itu, mari bersama-sama kita tingkatkan prestasi dan kinerja kita agar sasaran pembangunan dalam Kabupaten Abdya dapat dicapai dengan baik kedepannya dan mampu meningkatkan kembali serta mempertahankan prestasi-prestasi yang sudah diraih selama ini,” demikian Thamren. (Rizal)

To Top