Sosial

Debat Kandidat Abdya, Paslon Dibatasi 10 orang Pendukung

ACEHTERKINI.COM | Dalam acara Debat Kandidat yang akan berlansung di Aula Gedung DPRK Aceh Barat Daya (Abdya), pada Rabu (11/1/2017). Komisi Independen Pemilihan (KIP) setempat, meminta kepada 10 pasangan calon (Paslon) Kandidat di Abdya hanya bisa membawa 10 orang pendukung untuk mengikuti acara itu.

“Untuk masing-masing kandidat hanya boleh membawa 10 orang pendukung, tidak boleh lebih saat mengikuti acara debat kandidat, kalau untuk massa lainnya silahkan datangi posko pemenangan masing-masing pasangan calon,” kata Ketua KIP Abdya Elfiza SH MH dalam rapat koordinasi debat kandidat di Aula Sekretariat KIP setempat, Selasa (10/1/2017).

Dihadapan para kandidat, Elfiza menyampaikan, ada beberapa sesi dalam pelaksanaan debat kandidat nanti. sesi pertama penyampaian visi dan misi dengan batasan waktu selama 2 menit per kandidat.

Debat Kandidat Abdya, Paslon dibatasi 10 orang pendukung
Salah satu pasangan calon kandidat di Abdya menarik nomor undian sesi tanya jawab dalam acara rapat koordinasi debat kandidat yang berlansung di Aula Sekretariat KIP Abdya, Selasa (10/1). 

Kemudian sesi kedua Penajaman visi dan misi, Panelis akan bertanya sesuai dengan visi dan misi kandidat masing-masing. “Maka mohon dipelajari visi dan misi itu dengan baik, karna waktu hanya diberikan untuk menjawab selama 1,5 menit,” sebut Elfiza.

Sesi ketiga, pertanyaan tentang isu-isu yang menonjol di Abdya. Dilanjut dengan sesi keempat, tanya jawab dan tanggap, kemudian menanggapi kembali antara pasangan calon kandidat. Dimana, acara debat ini ditayangkan lansung (live) pada salah satu TV swasta. “Jadi bagi yang tidak berada didalam dapat menyaksikan juga,” ungkap Elfiza.

Dalam rapat koordinasi tersebut, para kandidat diajak untuk menarik undian yang dikemas dalam bola bewarna-warni, masing-masing kandidat mengambil satu bola. Setelah mendapatkan nomor yang berada dalam bola, maka kandidat tersebut akan bertanya pada pasangan kandidat dalam nomor undian itu pada saat debat kandidat berlansung.

Diinformasikan juga, bagi pasangan kandidat diharapkan pukul 08.00 WIB sudah regitrasi di Aula Gedung DPRK Abdya. Kemudian, pukul 09.00 WIB acara debat sudah dimulai, pada saat pembukaan semuanya sudah hadir didalam ruangan.

Selain hanya dibatasi pengikut 10 orang perkandidat, kepada pendukung yang hadir juga ada aturannya, tidak boleh menggunakan atribut pasangan calon. Tidak dibenarkan juga menyorakkan sebuah yel-yel apapun, sehingga suasana acara debat kandidat akan aman dan lancar. (Rizal)

To Top