Ekonomi

Cara Memajukan Ekonomi Masyarakat Abdya, Begini Kata Erwanto

ACEHTERKINI.COM | Calon Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Erwanto SE MA didampingi Calon Wakilnya Muzakir ND SHi, mengajak para pedagang di kabupaten setempat untuk bersama-sama memajukan Abdya dibidang ekonomi yang lebih baik kedepannya.

Erwanto yang diusung Partai Aceh (PA) dan Gerindra itu, mengajak pedagang maju selangkah, seiya- sekata dan seperjuangan menumbuhkembangkan perekonomian di Kabupaten Abdya.

“Memajukan ekonomi masyarakat Abdya, merupakan cita-cita pasangan nomor urut 9. Kami butuh dukungan dari kita semua,” tutur Erwanto pada acara pertemuan singkat di Rumah Makan Aneka Rasa, Blangpidie, Rabu (4/1/2017).

Erwanto mengatakan, di Abdya ada dana sekitar Rp1,2 triliun lebih. Dari dana itu, hanya Rp25 miliar merupakan milik Abdya. kalau dihitung persentase hanya 2 persen saja. Kalau tidak ada sumbangan dari provinsi dan pusat maka dana untuk Abdya sangat sedikit. Dengan uang itu banyak kebutuhan lainnya tidak tercukupi.

Cara Memajukan Ekonomi Masyarakat Abdya, Begini Kata Erwanto
Calon Bupati Abdya, Erwanto Meninjau Ekonomi Masyarakat di Pasar Kota Blangpidie

“Maka dari itu, jika dana-dana yang sudah terkucur untuk Abdya itu dikelola dengan baik, maka pertumbuhan ekonomi di Abdya pasti akan maju pesat,” tuturnya.

Kepada para pedagang, Erwanto juga menyampaikan, kalau Kabupaten Abdya merupakan satu-satunya kabupaten yang belum memiliki jalan dua jalur. Ini merupakan gambaran betapa Abdya tertinggal dengan kabupaten/kota lainnya di Aceh.

“Uang banyak tapi tidak beredar di Abdya, justru beredar di luar daerah. Hampir semua rekanan proyek alias kontraktor merupakan orang luar. Jadi bagaimana berkembang kalau semua orang luar yang mengelola,” ungkap Erwanto.

Agar perdagangan semakin maju, lanjut Erwanto, sangat berkaitan dengan pendapatan masyarakat setempat. Seperti sektor pertanian, perkebunan dan perikanan.

“Saat petani dan nelayan tidak mendapatkan penghasilan, maka uang tidak beredar ditingkat pedagang. Seharusnya ada perimbangan. Suatu kabupaten tidak akan maju kalau perdagangannya lemah,” sebutnya.

Erwanto menambahkan, dana di Abdya luar biasa banyak, tapi kemiskinan terus bertambah dan tingginya tingkat pengangguran. Lebih kurang 10 ribu mahasiswa Abdya sedang menuntut ilmu baik didaerah maupun diluar daerah.

Saat ditanya, hampir semua mahasiswa bercita-cita ingin jadi PNS. “Padahal menjadi seorang PNS bukanlah satu-satunya yang menjajikan pendapatan seseorang. Untuk itu kita akan mencoba mengatasi masalah pengangguran di Abdya,” tambahnya.

Maka dari itu, Erwanto berwacana akan membuat kongres rakyat Abdya. “Kita akan menyatukan seluruh kekuatan ekonomi politik di Abdya, dari seluruh unsur dan sektornya. Kemudian kita juga akan membuat kongres pedagang pasar seluruh Abdya. Disitu nanti kita akan memiliki catatan penting mengenai permasalahan yang ada di Abdya. “Ini akan terwujud jika PA menang di Abdya,” ajak Erwanto.

Amatan dilapangan, Erwanto dan calon Wakilnya Muzakir, bersama salah satu Tokoh Masyarakat Abdya, Drs H Ridwan Adami MM dan Ketua Forum Pedagang Pasar Manggeng Raya Asmadi dan rekan-rekan lainnya berkunjung ke sejumlah pasar di kota Blangpidie. (RiZal).

To Top