Sosial

Aryos : Muzakir Manaf Tidak Disiplin Terhadap Aturan

ACEHTERKINI.COM | Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh, nomor urut 5 Muzakir Manaf – TA Khalid yang datang terlambat pada acara debat kandidat jilid ke-II mendapat sorotan dari publik. Salah satunya dari pengamat politik dan keamanan Aceh, Aryos Nivada.

Dalam keterangan tertulisnya, Aryos menyayangkan sikap Muzakir Manaf yang tidak disiplin dan tidak komitmen terhadap aturan yang sudah ditetapkan oleh KIP Aceh. “Kan jauh-jauh hari sudah diberitahukan tempat, waktu, dan tanggalnya, kalau alasan karena kampanye tidak bisa diterima secara akal sehat,” tulis Aryos.

Aryos Nivada

Sikap Muzakir Manaf yang datang terlambat itu kata Aryos, dapat menjadi preseden buruk bagi kandidat, meski kandidat tersebut tidak dapat dikenakan sanksi sebagaimana diatur dalam pasal 22 A PKPU Nomor 12 Tahun 2016 Tentang Kampanye Kepala Daerah.

“Debat kandidat ini termasuk bagian dalam tahapan Pilkada, sehingga tidak bisa disepelekan apalagi dianggap remeh oleh kandidat manapun. Hal ini dapat menjadi catatan bagi penyelenggara. Agar ketika dalam penyelenggaraan Pilkada kedepan, perlu dipikirkan sanksi tidak hanya bagi paslon yang tidak hadir namun juga sanksi bagi paslon yang terlambat hadir,” sebut Aryos.

Sebagaimana diketahui debat kandidat jilid ke II ini diselenggarakan KIP Aceh bersama TVRI Aceh di Gedung Amel Convention Hall, Rabu (11/1/2017) malam. Muzakir Manaf – TA Khalid terlihat baru hadir saat acara debat akan berakhir. [Red]

To Top