Ekonomi

APBA 2017 Harus Segera Disahkan

ACEHTERKINI.COM | Polemik tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) antara Pemerintah Aceh dengan Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) kembali terjadi, jika pro kontra tersebut tidak segera dihentikan maka dikhawatirkan akan menghambat proses pembangunan Aceh karena kembali terlambatnya pengesahan anggaran.

Direktur Katahati Institute, Raihal Fajri pada Selasa, (03/1/2017) menyebutkan, APBA harus ditetapkan secepatnya agar tidak menghambat pembangunan di Aceh.

APBA 2017 Harus Segera Disahkan
Raihal Fajri

“APBA mau di tetapkan melalui Qanun atau Pergub, itu tidak penting, yang penting, pembangunan Aceh tidak boleh terhambat hanya karena pro kontra itu,” sebut Raihal Fajri dalam keterangan tertulisnya.

Raihal Fajri mengatakan, keterlambatan dalam pembahasan APBA tahun 2017 tidak terlepas dari berbagai gesekan-gesekan dari luar, sehingga memperkeruh kondisi antara eksekutif dan legislatif Aceh.

“Tidak heran, kebijakan Plt. Gubernur Aceh untuk mempergubkan APBA menuai pro kontra. Hal ini dipandang sebagai bentuk ketegasan. Namun, sisi lain ada yang menilai bahwa kebijakan Plt tersebut sebagai upaya mempercepat pengesahan APBA mengingat masa tugasnya berakhir pada 15 Februari 2017,” ujar Raihal Fajri.

“APBA tahun 2016, juga baru disahkan pada 30 Januari 2016, yang seharusnya pengesahaan anggaran itu paling telah dilakukan pada 31 Desember 2015, tahun ini juga kembali terjadi kejadian yang sama, hingga 3 Januari 2017, APBA belum disahkan,” sambung Raihal Fajri. [Red]

Editor : Rahmatsyah

To Top