Sosial

Aceh Jaya Habiskan Rp1 Miliar untuk Dapur Sehat Pesantren

ACEHTERKINI.COM |  Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya merealisasikan anggaran sebesar Rp1 miliar untuk pembangunan empat unit dapur sehat pesantren di kabupaten itu. Kepala Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Aceh Jaya Iskandar Emha mengatakan, bantuan dapur sehat tersebut bersumber dari dana Otsus 2016.

“Alokasi anggaran sebesar Rp 1 miliar untuk empat unit pesantren yaitu, Pesantren Babul Huda dan Pesantren Nurul Huda Al Aziziyah di Kecamatan Jaya, Pesantren Al- Anshar kecamatan Setia Bakti dan Pesantren Darul Nizam  di Kecamatan Teunom.

Peresmian Dapur Sehat di Pesantren Babul Huda, Kecamatan Jaya, Senin

Selain bantuan dapur sehat untuk pesantren ini, kata Iskandar Pemda juga memberikan beasiswa kepada santri sebesar Rp 1.100.000 per tahun dan biaya makan sebesar Rp 15.000 per santri untuk per hari.

Penyerahan bantuan ini dilakukan Bupati Aceh Jaya, Azhar Abdurrahman sekaligus meresmikan dapur sehat atau dapur umum di Dayah Babul Huda, Kemukiman kluwang Kecamatan Jaya, Senin (30/1/2017).

Lebih Lanjut Azhar mengatakan, selama 143 tahun kita telah kehilangan waktu untuk memajukan pendidikan agama di kabupaten Aceh Jaya. Yang dikarenakan agresi penjajahan Belanda selama 70 tahun dan penjajahan Jepang selama 3 tahun, serta 70 tahun sejak Indonesia merdeka belum ada konsep seperti apa seharusnya langkah yang diambil untuk memajukan pendidikan agama.

Pada kesempatan itu Bupati Aceh Jaya mengajak ulama Aceh Jaya melalui Dinas Pendidikan Dayah untuk membuat konsep pendidikan agama. [Arif]

To Top