Nasional

TNI Sediakan Bus Gratis untuk Peserta Aksi Damai Kembali ke Daerah

ACEHTERKINI.COM | Guna membantu para peserta aksi damai ‘Bela Islam II’ kembali ke daerah asalnya masing-masing, TNI menyiapkan puluhan bus. Bus-bus tersebut digunakan mengangkut para peserta aksi damai ‘Bela Islam II’ yang kesulitan ke daerah asalnya.

TNI Sediakan Bus Gratis untuk Peserta Aksi Damai Kembali ke Daerah
Ribuan massa yang tergabung dalam Gerakan Nasional Pengawal Fatwa MUI (GNPF MUI) melakukan unjuk rasa di Jakarta, Jumat (4/11). [ Republika.co.id ]

Selain dihadiri oleh umat Islam di sekitar wilayah Jakarta, aksi damai ‘Bela Islam II’, Jumat (4/11) kemarin, memang dihadiri umat Islam dari luar kota. Mulai dari kota-kota di Pulau Jawa, hingga dari sekitar Pulau Sumatera dan Sulawesi.

Namun, ada sejumlah peserta aksi damai yang kesulitan untuk pulang. Mereka pun sempat menginap di sejumlah masjid di Jakarta, termasuk Masjid Istiqlal. Banyak dari mereka yang mengaku ketinggalan bus rombongan ataupun kehabisan ongkos. Menanggapi hal ini, TNI akhirnya menyiapkan bus untuk membantu mereka.

”Sampai tadi pagi, Sabtu (5/11), ternyata banyak teman-teman kita para peserta aksi unjuk rasa yang belum bisa pulang. Akhirnya kami putuskan untuk membantu dengan mengerahkan bus,” ujar Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Mabes TNI, Mayjen TNI, Wuryanto, Sabtu (5/11).

Untuk mengangkut para peserta aksi damai ini, Mabes TNI mengerahkan 16 bus. Bus-bus TNI tersebut sudah mengangkut sekitar 547 orang dan telah berangkat sejak Sabtu (5/11) pagi.

”Bus-bus tersebut menuju beberapa wilayah, antara lain ke wilayah Kodam III Siliwangi seperti Bogor, Purwakarta, Cianjur, Karawang, Cilegon dan Bandung. Bahkan, ada pula yang hingga ke Puwokerto, Jawa Tengah,” jelasnya.

TNI Sediakan Bus Gratis untuk Peserta Aksi Damai Kembali ke Daerah

Khusus ke Purwokerto, setidaknya ada dua bus TNI yang mengangkut 52 orang. Sedangkan, empat bus telah berangkat ke Purwakarta dengan mengangkut 125 orang. Selain 16 bus dari Mabes TNI, ada pula tambahan 12 bus dari Mabes TNI AD (Mabesad). Bus-bus tersebut akan mengangkut sisa massa yang masih berada di Masjid Istiqlal dan Masjid Al Fatah, Menteng.

”Semua akomodasi ditanggung oleh Mabes TNI,” ucap Wuryanto. [ Didiakan oleh Republika.co.id ]

To Top