Sosial

Susi, Penderita Lumpuh Layu yang Luput Dari Perhatian

ACEHTERKINI.COM | Susi Rahmadani (12) putri dari M. Yusuf warga gampong Mesjid Kecamatan Pante Raja Kabupaten Pidie Jaya saat ini membutuhkan penanganan darurat setelah menderita penyakit lumpuh layu.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua HMI Cabang Sigli yang sekaligus relawan Pidie mengajar, Imam Nuddin, Senin (26/12/2016).

Imam mengatakan Susi menderita penyakit lumpuh layu yang mempengaruhi masa pertumbuhannya sehingga pertumbuhan yang dialami Susi agak berbeda dengan anak-anak seusianya.

Susi, Penderita Lumpuh Layu yang Luput Dari Bantuan
Imam dari Relawan Pidie Mengajar bersama Susi, Penderita Lumpuh Layu [Ist]

“Kondisi Susi yang menderita penyakit lumpuh layu sudah sangat kritis, apalagi dari kecil Susi punya riwayat penyakit kejang demam (Febris Convulsion) yang tidak pernah tersentuh layanan kesehatan,” ujar Imam.

Menurut Imam, orang tua Susi hanya bekerja sebagai tukang becak barang sedangkan ibunya hanya sebagai ibu rumah tangga sehingga penghasilan mereka hanya pas-pasan untuk kebutuhan sehari-hari dan mereka tidak mempunyai penghasilan yang lebih untuk membawa putrinya berobat.

Imam menjelaskan lebih lanjut orang tua Susi pernah membawa Susi ke RSUD Pidie Jaya, karena keterbatasan dokter spesialis kemudian dirujuk ke RSUD Tgk. Chik Di Tiro Kabupaten Pidie yang kemudian juga dirujuk ke RSUDZA Banda Aceh. Kemudan karena keterbatasan biaya mereka tak mampu membawa anaknya untuk berobat ke Banda Aceh dan selama ini hanya berobat tradisional.

Ia juga menambahkan, dalam kebingungan orang tua menghadapi situasi penyakit yang dialami Susi yang amat kritis ini, keluarganya memohon bantuan dari sesiapapun yang berkenan memberikan bantuan penanganan dan pengobatan anaknya itu.

“Sampai saat ini belum ada pihak dari pemerintah yang datang menjenguk, hanya baru dari relawan Pidie mengajar yang sudah datang menjenguk. Keluarganya sangat berharap bantuan dari pemerintah dan siapapun untuk menolong kami mengobati Susi,” ujar Imam. [Zul]

To Top