Layanan Publik

Ratusan Tenaga Linmas Abdya dilatih Amankan TPS

ACEHTERKINI.COM |  Untuk kelancaran pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayahatul Hisbah (Satpol PP dan WH) setempat merekrut 500 orang tenaga Linmas yang akan bertugas di 250 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam Kabupaten Abdya.

Masing-masing tenaga Linmas tersebut akan berjaga di pintu masuk dan pintu keluar TPS. Selain itu, Linmas juga bertugas untuk membantu mengarahkan pemilih ke lokasi TPS agar berjalan aman dan lancar pada saat proses pencoblosan.

Kasatpol PP dan WH Abdya, Riad SE yang ditemui wartawan, Kamis (22/12/2016) menjelaskan, 500 tenaga Linmas itu, dilatih selama satu hari penuh tentang tatacara melaksanakan tugas dilapangan saat Pilkada berlansung. Dimana, mereka ini nanti akan turut mengamankan kotak suara hingga ke sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Ratusan Tenaga Linmas Abdya dilatih Amankan TPS
Ratusan tenaga Linmas sedang mengikuti pelatihan pengamanan Pilkada di halaman kantor Satpol PP dan WH Abdya, Kamis (22/12). [Rizal]

500 tenaga Linmas itu, lanjut Riad, akan bertugas di masing-masing TPS yang tersebar di sejumlah kecamatan dalam Kabupaten Abdya, sebanyak 250 TPS. “Kita sudah koordinasikan dengan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Abdya, bahwa petugas Linmas sudah direkrut dan dalam tahap pelatihan,” sebut Riad.

Dikatakan Riad, untuk melatih tenaga Linmas yang berlansung di halaman Kantor Satpol PP dan WH Abdya itu, menghabiskan anggaran sebesar 100 juta rupiah, bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten (APBK) Perubahan tahun 2016.

Dengan anggaran itu, masing-masing tenaga Linmas akan diberikan uang saku, snack, makan siang termasuk didalamnya honor panitia. Dalam pelaksanaannya, Satpol PP dan WH juga bekerja sama dengan Polres Abdya untuk memberikan pelatihan serta mempraktekkan pelatihan baris berbaris (PBB).

Dalam proses rekrutmen, tambah Riad, pihaknya juga mengambil data dari KIP setempat, kemudian mensingkronisasikan dengan data di setiap kecamatan. “Setelah data itu terkumpul, maka kita mengundang para tenaga Linmas tersebut untuk dilatih dan dibimbing dengan menampilkan simulasi saat bertugas dilapangan.

“Simulasi ini bertujuan untuk membekali tenaga Linmas dalam menghadapi masalah dilapangan yang kemungkinan saja bisa terjadi. Akan tetapi kita berharap Pilkada di Abdya berjalan aman dan lancar,” demikian sambungnya. (Rizal)

To Top