Ekonomi

Produksi Padi Aceh Besar Capai 69.868 Ton

ACEHTERKINI.COM |  Konstribusi padi di Kabupaten Aceh Besar sangat besar. “Aceh Besar merupakan salah satu kabupaten penyumbang padi untuk konsumsi provinsi bahkan nasional,” kata Kepala Dinas Pertanian dan TPH Aceh, Abubakar Karim pada saat gerakan tanam padi musim tanam rendengan  (meugo thon) 2016/2017 di Gampong Aneuk Glee, Kecamatan Indrapuri, Rabu (21/12/2016).

“Kita berharap surplus ini dapat terus dipertahankan oleh Aceh Besar, sebab daerah ini selain memiliki lahan yang luas dan subur juga potensial untuk pengembangan sektor pertanian lainnya,” kata Abubakar Karim.

Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah SSos bersama Kadis Pertanian Aceh, Prof Abubakar Karim, Forkopimda, dan pejabat terakit lainnya melaksanakan tanam padi di Gampong Aneuk Glee, Kecamatan Indrapuri, Rabu (21/12/2016).

Sementara itu Bupati Aceh Besar. Mukhlis Basyah S.Sos mengatakan, produksi padi pada musim tanam gadu 2016 sebanyak 69.868 ton dari luas panen 11.347 hektar dengan produktifitas 6,16 ton per hektar.

“Hasil ini memberikan keuntungan bagi petani di Kabupaten Aceh Besar,” kata bupati.

Untuk tahun 2017, kata bupati kegiatan peningkatan produksi dan produktivitas padi inbrida melalui teknologi penerapan Jarwo Super seluas 1.000 Ha yang direncanakan ditanam di Blang Jaroe, Kecamatan Indrapuri dan padi inbrida jajar legowo 2.000 Ha  serta padi organik seluas 40 Ha akan dilaksanakan pada musim tanam Gadu 2017 yang akan datang.

Sekretaris Dinas Pertanian TPH Aceh Besar, Zulkifli menjelaskan ribuan petani sedang giat-giatnya melakukan musim tanam rendengan yang tersebar disejumlah kecamatan.

“Insya Allah tiga bulan kedepan petani dapat menikmati panen apa yang ditanam pada saat ini,” pungkas Zulkifli. [Ril]

To Top