Sosial

Pemerintah Aceh Tetapkan Gempa 7 Desember Darurat Provinsi

ACEHTERKINI.COM | Pelaksana Gubernur Aceh, Soedarmo, resmi menetapkan gempa bumi yang mengguncang Aceh pada Rabu (07/12/2016) pagi, sebagai bencana dengan status darurat bencana provinsi.

Gempa Bumi dengan kekuatan 6.5 magnitude tersebut, diketahui menimbulkan korban jiwa dan kerusakan fisik bangunan di tiga kabupaten di Aceh. Kabupaten terparah adalah Pidie Jaya, diikuti Bireun dan Pidie.

Pemerintah Aceh Tetapkan Gempa 7 Desember Darurat Provinsi
Plt Gubernur Aceh, Soedarmo

Status darurat tersebut diputuskan dalam rapat bersama antarsemua Forkopimda Aceh bersama SKPA terkait, di ruang rapat Sekda Aceh, Rabu (07/12/2016). Para peserta rapat  memutuskan untuk menetapkan penanganan selama 14 hari pertama usai gempa bumi dengan status darurat bencana provinsi.

Ada beberapa alasan sehingga gempa bumi tersebut ditetapkan dengan status darurat provinsi. Di antaranya adalah penanganan korban bencana, kerusakan sarana dan prasarana, gangguan fungsi layanan umum dan pemerintahan serta kemampuan sumber daya alam maupun buatan.

Surat Keputusan penetapan status darurat tersebut ditandatangani saat Plt Gubernur Aceh, Soedarmo mendarat di Bandara Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar, Rabu siang.

Kemudian Soedarmo langsung terbang dengan helikopter ke Pidie Jaya bersama Kepala Badan Penanggulangan Bencana Nasional. [Red]

To Top